Republik Afrika Tengah, Negara Miskin yang Rakyatnya Kelaparan

Republik Afrika Tengah, Negara Miskin yang Rakyatnya Kelaparan

Naviri Magazine - Sebenarnya, Republik Afrika Tengah memiliki potensi alam yang cukup bagus. Sekitar 40 persen pendapatan impor mereka berasal dari penjualan tambang berlian kepada negara kaya.

Selain itu, banyak lahan di Afrika yang menghasilkan aneka tanaman dan pertanian. Yang menjadi masalah, kontrol pemerintah di sana sangat lemah, sehingga bisa dibilang negara itu berjalan tanpa pemerintahan.

Karena tidak adanya kontrol pemerintah yang cukup mengurusi, kehidupan masyarakat negara ini bisa dibilang bergantung sepenuhnya pada bantuan asing dan beberapa organisasi nonprofit. Secara ekonomi, pendapatan per kapita di negara ini hanya sebesar US$ 744.

Seperti negara miskin Afrika lainnya, sebagian masyarakat Republik Afrika Tengah juga menderita malnutrisi dan kelaparan.

Hal itu terjadi karena para pemilik lahan pertanian lebih memilih menjual hasil pertaniannya kepada negara asing untuk mendapatkan uang, daripada memberikan kepada masyarakat sekitar dengan harga murah. Akibatnya, tidak sedikit masyarakat di negara ini yang meninggal akibat kelaparan.

Baca juga: Sierra Leone, Negeri Penghasil Berlian tapi Ekonominya Hancur

Related

World's Fact 8233537165698534941
item