Sejarah Buku Pertama dan Asal Usul Lahirnya Buku di Dunia

Sejarah Buku Pertama dan Asal Usul Lahirnya Buku di Dunia

Naviri Magazine - Buku pertama dibuat sekitar empat ribu tahun lalu oleh orang Mesir, menggunakan lapisan papirus (tanaman air seperti buluh). Wujudnya jauh berbeda dengan buku yang kita kenal sekarang, karena buku yang dibuat di masa itu hanya merupakan kumpulan lembar papirus yang digulung.

Pada pertengahan abad ke-5 Masehi, papirus mulai digantikan perkamen (kulit domba). Pada masa itu, buku dibuat dengan cara menyusun dan mengikat lembar perkamen di satu sisinya, menggunakan penjepit dari kulit.

Memasuki Zaman Pertengahan, bentuk buku semakin berkembang, dan di masa itu wujudnya mulai menyerupai buku yang kita kenal sekarang. Pada waktu itu, buku dibuat dari kulit anak sapi, yang disebut vellum. Vellum dibuat menjadi lembaran, dan setiap lembar dilipat di bagian tengah. Empat lembar vellum menjadi delapan halaman, dan dianggap sebagai satu bagian.

Tidak seperti perkamen yang sangat tipis, vellum cukup tebal untuk ditulisi di kedua sisinya.

Setelah vellum selesai ditulis, lembaran-lembaran itu pun dijahit menjadi satu di bagian punggungnya, lalu bagian depan dan belakangnya dilapisi papan kayu, yang kemudian ditutup kulit sebagai sampul luar. Hasilnya adalah buku yang serupa dengan buku yang kita kenal sekarang.


Related

History 4380555560976739411

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item