Sejarah Lithuania, dari Jajahan Rusia Sampai Jadi Negeri Merdeka

 Sejarah Lithuania, dari Jajahan Rusia Sampai Jadi Negeri Merdeka

Naviri Magazine - Lithuania didirikan pertama kali oleh Raja Mindaugas pada tahun 1230. Pada tahun 1795, Lithuania dijajah Rusia. Kemudian, pada tahun 1918, seiring kekalahan Rusia di Perang Dunia I dan meningkatnya gerakan perlawanan di Lithuania, akhirnya negeri itu pun merdeka pada 16 Februari 1918.

Pada tahun 1940, Lithuania diduduki Soviet, dan setahun kemudian diduduki oleh Nazi Jerman. Setelah kekalahan Nazi, Lithuania dijadikan bagian dari Uni Soviet. Selama lima puluh tahun, bangsa Lithuania melakukan perlawanan bersenjata terhadap pendudukan Soviet, dan pada tanggal 11 Maret 1990, mereka pun berhasil merebut kemerdekaannya.

Lithuania adalah negara di Eropa bagian timur laut. Dengan luas wilayah 65 ribu kilometer persegi, Lithuania merupakan salah satu dari tiga Negara Baltik yang dekat dengan Laut Baltik. Negara ini berbatasan dengan Latvia di sebelah utara, Belarus di tenggara, Polandia di selatan, dan Rusia di barat daya.


Related

History 3673830635743952253

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item