Sierra Leone, Negeri Penghasil Berlian tapi Ekonominya Hancur

Sierra Leone, Negeri Penghasil Berlian tapi Ekonominya Hancur

Naviri Magazine - Sierra Leone adalah negara di Afrika yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi di negaranya. Sierra Leone juga menjadi salah satu negara penghasil berlian di dunia. Kedengarannya negara ini baik-baik saja, kalau tidak terjadi masalah berkepanjangan di sana.

Selama sepuluh tahun, dari 1991-2001, terjadi konflik sipil, yang menyebabkan 50.000 orang tewas terbunuh. Karena konflik itu pula, sekitar 500.000 warga Sierra Leone memilih pindah ke negara tetangga, seperti Guinea atau Liberia.

Konflik antar masyarakat yang terjadi sampai bertahun-tahun itu menjadikan perekonomian Sierra Leone hancur lebur. Pendapatan per kapita di negara ini hanya sebesar US$ 759.

Pemerintah di sana mengharuskan warga untuk mendapatkan pendidikan. Namun dalam praktiknya hal itu sulit dilakukan akibat tidak adanya biaya.

Sekitar 66 persen penduduk dewasa di sana bahkan tidak berpendidikan formal. Sistem kesehatan juga banyak mengalami masalah, sehingga Sierra Leone memiliki tingkat kematian bayi tinggi, dan angka harapan hidup yang sangat rendah.


Related

World's Fact 6414453027527374762

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item