Stephen King, Penulis Novel Horor Paling Terkenal di Dunia

 Stephen King, Penulis Novel Horor Paling Terkenal di Dunia

Naviri Magazine - Menyebut novel horor, mau tak mau kita harus menyebut nama Stephen King. Pasalnya, dia telah dianggap sebagai raja novel horor yang telah menulis banyak novel menakutkan, dan banyak dari novelnya yang telah difilmkan.

The Shining, Pet Sematary, IT, dan Carrie. Empat judul itu hanya beberapa dari sekian banyak cerita horor yang ditulis oleh penulis terkenal asal Amerika Serikat, Stephen King.

Aktif menulis sejak tahun 1967, Stephen King sudah menjadi nama yang tidak asing bagi pecinta novel ber-genre horror. Buku-buku karyanya telah terjual sebanyak 350 juta eksemplar, dan kebanyakan telah diadaptasi menjadi film yang dibintangi oleh aktor papan atas, dan digarap sutradara ternama.

The Shining, contohnya, dibintangi oleh Jack Nicholson, dan diarahkan oleh Stanley Kubrick, sutradara yang terkenal dengan sifat perfeksionisnya.

Lahir di Portland, Maine, pada 21 September 1947, Stephen King memulai karirnya dengan menulis cerita pendek, dan menjualnya ke majalah-majalah yang tertarik dengan karyanya. Sekarang, ia telah merilis 58 buku, 6 di antaranya merupakan buku non-fiksi.

Ia telah menerima banyak penghargaan atas karya-karyanya.

Saat masih kecil, ia pernah menyaksikan kematian seorang teman, akibat ditabrak kereta. Lalu ia pulang, dan syok. Banyak yang berasumsi bahwa kejadian itulah yang membuatnya mampu menulis cerita-cerita mengerikan. Namun, Stephen sendiri mengaku ia masih sangat muda saat kejadian itu, hingga tak lagi mengingatnya.

Meskipun telah mendapatkan predikat "Raja Horror", menakuti pembaca bukan satu-satunya keahlian Stephen King. Dengan cerita-cerita pendek seperti The Body (difilmkan dengan judul Stand by Me) dan Rita Hayworth and Shawshank Redemption (difilmkan dengan judul Shawshank Redemption), Stephen King memperlihatkan kebolehannya menggerakkan hati para pembaca.

Dalam menulis cerita horor pun, ia tidak hanya mengandalkan kekuatan-kekuatan supranatural alias hantu. Dalam cerita Misery, misalnya, ia berhasil menakuti pembaca menggunakan karakter seorang wanita sakit jiwa yang menculik penulis idolanya, dan menyiksa penulis tersebut karena telah menamatkan seri buku yang begitu digemarinya.

Di cerita pendek berjudul Survivor Type, ia menceritakan seorang dokter yang terdampar di pulau terpencil, yang terpaksa harus memakan bagian-bagian tubuhnya sendiri demi bertahan hidup.

Tapi, novel karyanya yang paling terkenal mungkin The Shining. Dirilis tahun 1977, novel ini menceritakan seorang pria bernama Jack Torrance, yang menerima pekerjaan menjaga sebuah hotel besar, selama musim dingin. Hotel ini konon ditunggui banyak hantu, dan penjaga hotel sebelumnya membunuh keluarga dan dirinya sendiri.

Jack pun pergi ke hotel tersebut bersama istrinya, Wendy, dan anaknya, Danny, yang bisa melihat makhluk halus. Tak perlu waktu lama, setelah tiba di hotel, Jack mulai melihat banyak penampakan, salah satunya penjaga hotel sebelumnya yang menyuruhnya untuk membunuh istri dan anaknya.

Mereka pun harus berjuang melawan Jack agar tidak kehilangan nyawa mereka. Film adaptasi dari novel ini sering disebut sebagai film horor terbaik sepanjang masa, dan berhasil meraup keuntungan puluhan juta dolar.

Di kehidupan nyata, tentunya Stephen King tidak mengerikan seperti karakter-karakter ciptaannya. Malah, ia dikenal sebagai sosok humoris, terlihat dari tweet-tweet-nya yang sering mengundang tawa para penggemarnya.


Related

Figures 8148315012499867779

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item