Taman Gantung Babilonia dan Misteri Keindahan Zaman Kuno

Taman Gantung Babilonia dan Misteri Keindahan Zaman Kuno

Naviri Magazine - Babilonia adalah salah satu kota terhebat dalam sejarah dunia kuno, yang didirikan sejak tahun 2200 SM. Kota itu berada di tepian sungai Eufrat, di dekat tempat yang sekarang disebut Al-Hillah di Irak.

Babilonia mencapai puncak kejayaannya dalam dua tahap, yaitu Babilonia Lama (1792-1234 SM), dan Babilonia Baru (626-539 SM). Babilonia menjadi kerajaan yang sangat besar di Mesopotamia.

Di bawah kepemimpinan Nebuchadnezzar II, Babilonia menjadi kota yang luas dan mengagumkan, dengan penduduk sekitar 250.000 orang, dipenuhi istana, kuil, dan rumah-rumah megah.

Babilonia juga dikelilingi tembok setebal 26 meter, dan dilapisi batu bata berwarna biru. Dinding-dindingnya dihubungkan oleh 8 pintu gerbang raksasa yang terbuat dari perunggu, dan yang paling mewah adalah gerbang Ishtar Gate.

Pada masa Nebuchadnezzar II pula, Babilonia membangun sebuah taman sangat indah, yang disebut Taman Gantung. Taman itu terletak di sebuah piramid raksasa yang dibangun dari batu bata dan aspal setinggi 25 meter.

Taman itu berisi pepohonan hijau dan bunga-bunga yang memenuhi petak batu bata. Air untuk menyirami tanaman diambil dari sungai menggunakan pompa putar yang dijalankan oleh para budak.

Taman Gantung yang indah dan hebat itu dibangun oleh Raja Nebuchadnezzar II untuk istrinya, Amytis, yang merindukan tumbuhan hijau dari rumahnya di pegunungan. Amytis adalah putri Raja Medes, yang menikah dengan Nebuchadnezzar II demi persatuan negara. Kampung halamannya hijau, subur, dan bergunung-gunung.

Sementara daerah tempat tinggalnya sekarang adalah gurun gersang. Karena itulah, Nebuchadnezzar II membangun gunung buatan dan taman-taman hijau untuk menyenangkan hati istrinya.

Baca juga: Misteri Patung-Patung Raksasa Kuno di Pulau Paskah

Related

World's Fact 5848229917313174879

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item