Wanna One, Grup Idol yang Bubar yang di Puncak Popularitas

Wanna One, Grup Idol yang Bubar yang di Puncak Popularitas

Naviri Magazine - Korea Selatan punya banyak grup idol, baik boyband maupun girlband. Rata-rata mereka terus bersinar sejak pertama kali muncul, dan terus eksis sampai bertahun-tahun. Memang ada grup-grup idol yang bubar lantaran gaungnya kurang terdengar, alias gagal. Hal berbeda terjadi dengan Wanna One. Grup ini bubar ketika sedang ada di puncak popularitas.

Jika jamaknya grup idola di Korea dibentuk lewat pelatihan bertahun-tahun oleh agensi artis, Wanna One muncul dari keunikan lain. Mereka disatukan lewat sebuah kompetisi yang dibuat stasiun televisi, dikontrak singkat, dan bubar begitu saja. Tren membentuk grup idola dengan cara seperti ini tengah menjadi fenomena di industri musik Korea selama tiga tahun terakhir.

Boy group ini dibentuk melalui acara kompetisi survival Produce 101 Season 2 pada tahun 2017. Kompetisi tersebut mengadu bakat dari 101 calon idol dari berbagai macam agensi kecil. Peluang mereka debut ditentukan dari voting penonton dan penggemar, mirip acara pencarian bakat seperti Indonesian Idol atau AFI. Bedanya, calon idola terpilih akan digabung menjadi satu grup besutan.

Wanna One terdiri dari 11 orang anggota dari agensi yang berbeda. Mereka debut pada 7 Agustus 2017 dan langsung berhasil menjual satu juta kopi album debut. Setelah itu kesuksesan-kesuksesan lain mengiringi perjalanan singkat mereka di belantika musik Korea.

Di tahun yang sama, mereka berhasil bertengger di posisi ke-2 dalam survei 30 "Power People" oleh Ilgan Sports, dengan kategori pengaruh di antara perusahaan penyiaran dan pengiklan.

Grup rookie (sebutan bagi grup idol yang baru debut) ini juga pernah duduk di peringkat keenam survei top 10 artis oleh Gallup Korea, menjadi artis K-pop Terbaik tahun 2017, dan mendapat posisi ke-2 dalam daftar "Forbes Korea Power Celebrity" tahun 2018.

Sayangnya, kejayaan Wanna One harus usai saat popularitas mereka meroket. Pada tanggal 18 Desember lalu, pihak agensi mengumumkan bahwa kontrak grup berakhir pada tanggal 31 Desember 2018.

Berita pembubaran Wanna One sempat menjadi topik populer di berbagai linimasa pada akhir tahun lalu. Hingga tanggal 27 Januari 2019, Wanna One mengadakan konser bertajuk "Therefore" di Gocheok Sky Dome di Seoul untuk berpamitan dengan penggemar, meski para penggemar tetap berharap grup idola mereka dapat meneruskan karir kelompok bersama.

Baca juga: Ini 4 Selebriti yang Pernah Kecelakaan Hingga Menewaskan Orang

Related

Entertaintment 6996303013206499414

Recent

item