Aneh, Bocah Ini Memiliki Kelamin Ganda Sejak Dilahirkan

Aneh, Bocah Ini Memiliki Kelamin Ganda Sejak Dilahirkan

Naviri Magazine - Secara fisik, Ardian Widodo, yang baru berusia lima tahun, tampak sehat dan penampilannya juga tidak jauh dari anak lelaki seusianya. Namun, siapa sangka, di balik itu semua ternyata dia menyimpan hal yang membuat orang tuanya gundah, yaitu memiliki kelamin ganda?

Anak keempat pasangan Umi Nadziroh (33) dan Misbachudin, warga Desa Wonojoyo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, itu memiliki dua kelamin, yaitu penis dan vagina. Namun, keduanya tumbuh tidak sempurna.

Umi Nadziroh menuturkan, bocah yang akrab disapa Ardian ini lahir dengan cara operasi caesar di sebuah rumah sakit bersalin di Kabupaten Kediri. Saat itu, pihak dokter yang menangani persalinannya juga bingung dengan jenis kelamin bocah ini. Dokter sempat menganggap perempuan, tetapi kemudian menyarankan agar Ardian diuji kromosomnya demi memastikan jenis kelaminnya.

"Sedangkan dari pihak keluarga, saat itu kami meyakini kalau dia laki-laki," kata wanita yang memiliki toko kelontong sederhana di rumahnya ini.

Pada pemeriksaan awal, lanjut Umi, anaknya tersebut sempat dianggap mengidap ambigu genetalia. Namun, setelah diperiksa kembali, akhirnya anaknya divonis mengidap hipospadia atau kondisi kelamin tidak umum, dengan ditandai lubang penis tidak berada pada ujung kepala penis.

Ardian saat ini sudah duduk di bangku taman kanak-kanak, dan sedang bersiap untuk menjalani pengobatan. Keluarga membutuhkan waktu yang lama hingga lima tahun untuk memulai pengobatan Ardian, karena harus menabung guna membiayai pengobatan putranya itu.

"Ya, terus terang kami juga perlu waktu karena harus menabung. Apalagi dulu sempat tanya kalau untuk uji kromosom saja biayanya bisa mencapai Rp 20 juta," imbuhnya.

Penanganan medis dilakukan oleh tim dokter RSUD dr Soetomo di Surabaya, setelah mendapat rujukan dari rumah sakit lokal di Kediri. Saat ini, Ardian telah menjalani beberapa tindakan medis sebagai langkah awal pengobatan. Tindakan itu meliputi serangkaian uji laboratorium untuk memastikan jenis kelaminnya. Kalau jenis kelaminnya jelas, Ardian bisa dioperasi kelamin.

"Kemarin ada uji kromosom, uji kencing, USG, uji kultur, uji darah, dan banyak lainnya. Untuk hasil uji kromosom, hasilnya X atau laki-laki. Tapi kabarnya juga ada rahimnya. Makanya, kami menunggu kepastiannya karena serangkaian tes masih berlangsung di RSUD dr Soetomo," imbuhnya.

Umi menambahkan, meski selama ini pembiayaan pengobatan lebih ringan karena mengikuti program BPJS, tetapi biaya lain, semisal transportasi untuk menjangkau rumah sakit tingkat provinsi, tidaklah murah. Kendati demikian, ia tetap bertekad akan menjalaninya sekuat tenaga demi kesembuhan anaknya.

Baca juga: Kisah Wanita yang Pekerjaannya Memotret Penis Pria

Related

World's Fact 6846050095008734924

Recent

item