Sekarang, Apple Bukan Lagi Merek Paling Mahal di Dunia

Sekarang, Apple Bukan Lagi Merek Paling Mahal di Dunia

Naviri Magazine - Berdasar pada survei yang dilakukan oleh firma peneliti pemasaran, Millward Brown, Google kini berhasil mengalahkan dominasi Apple sebagai merek yang paling bernilai (Most Valuable Brand).

Apple sebelumnya memegang gelar tersebut selama tiga tahun berturut-turut. Studi yang dilakukan oleh Millward Brown adalah mengalkulasi nilai sebuah merek, kemudian membuat peringkatnya.

Nilai merek Google ditaksir Millward Brown mencapai 158,8 juta dollar AS. Angka tersebut meningkat 40 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sementara Apple, nilai brand-nya turun 20 persen dari tahun lalu, hingga menjadi 147,8 juta dollar AS.

Penurunan valuasi merek tersebut, menurut Millward Brown, disebabkan karena persepsi publik yang menganggap Apple terlena atas dominasinya, dan tidak menunjukkan inovasi yang berarti.

Di sisi lain, Google dinilai gencar membuat inovasi produk yang nonkonvensional, walau sebagian di antaranya belum dirilis ke pasar.

"Google telah melakukan banyak inovasi dengan membuat Google Glass, berinvestasi di teknologi artificial intelligence, dan berinovasi dengan membawa sistem operasi Android ke dalam kabin mobil," demikian terang Nick Cooper, eksekutif Milward Brown, seperti dikutip dari The Verge.

"Semua yang dilakukan Google tadi memberikan sinyal yang kuat kepada konsumen tentang apa yang akan mereka lakukan ke depannya, sementara kinerja Apple dilihat makin menurun," imbuh Cooper.

Baca juga: YouTube Menggelontorkan Rp11 Triliun untuk Akuisisi Twitch

Related

Technology 8808264076857666415

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item