Asal Usul Lahirnya Uang Kertas dan Kartu Kredit di Dunia

Asal Usul Lahirnya Uang Kertas dan Kartu Kredit di Dunia

Naviri Magazine - Mata uang kertas pertama Eropa dicetak dan didistribusikan pada 5 Januari 1691. Uang kertas pertama itu dicetak oleh Stockholm Bank di Swedia.

Sebelum dicetaknya uang kertas tersebut, rakyat Eropa menggunakan mata uang berupa logam empat persegi berukuran besar. Beberapa lembar dari mata uang kertas pertama itu kini masih tersimpan di Stockholm Bank.

Apa kartu kredit pertama di dunia?

Di masa kini, orang sering menggunakan kartu kredit ketika berbelanja. Dengan kartu kredit, mereka tidak harus membayar kontan, karena jumlah tagihan transaksi akan ditagihkan langsung ke rekening si pemilik kartu kredit, atau mereka harus membayar sebagian/seluruhnya dengan outstanding bill (rekening belum terbayar) di akhir bulan.

Tidak lama setelah Perang Dunia I, perusahaan minyak di Amerika mulai mengeluarkan kartu semacam itu, yang memungkinkan penggunanya mendapatkan bahan bakar minyak tanpa harus membayarnya saat itu juga.

Setelah Perang Dunia II, ide itu menyebar ke hotel dan pusat perbelanjaan, yang juga mulai mengeluarkan kartu mereka sendiri.

Di antara semua itu, kartu kredit pertama yang bisa digunakan untuk membayar pembelian semua jenis barang adalah Dinners Club, pada awal 1950-an.

Baca juga: Mengapa Negara Miskin Tidak Mencetak Uang yang Banyak Biar Kaya?

Related

Money 1601875214465800847

Recent

item