Sejarah dan Asal Usul Nama-nama Bulan Dalam Kalender Dunia

Sejarah dan Asal Usul Nama-nama Bulan Dalam Kalender Dunia

Naviri Magazine - Kalender, seperti yang kita gunakan sekarang, berasal dari Romawi Kuno. Nama-nama bulan dalam kalender berasal dari bahasa Latin, beberapa di antaranya ditujukan untuk menghormati orang-orang terkenal, sedang beberapa lainnya disesuaikan dengan urutan bulan.

Yang agak mengherankan, mungkin, adalah nama-nama bulan ke-9, 10, 11, dan 12, yaitu September, Oktober, November, dan Desember. Nama-nama tersebut berasal dari bahasa Latin, yang artinya ke-7, ke-8, ke-9, dan ke-10. Keanehan itu terjadi karena kalender Romawi pernah hanya terdiri dari 10 bulan, dan dimulai dengan bulan Maret.

Sekitar tahun 700 Sebelum Masehi, kalender diubah, dan dua bulan ditambahkan pada awal tahun, yaitu Januari dan Februari. Januari diambil dari nama Dewa Janus, yang memiliki dua muka, dan bisa melihat ke dua arah dalam waktu bersamaan. Dewa lain, Februus, diambil namanya untuk bulan Februari.

Bulan Maret mendapatkan namanya dari Mars, sang Dewa Perang. April berasal dari kata Latin, yaitu “aperture”, yang artinya “pembukaan”, mengacu pada saat tumbuhan bersemi dan mekar setelah musum dingin.

Sedangkan asal nama Mei dan Juni belum bisa dipastikan. Diperkirakan, Mei diambil dari Dewi Maia. Nama itu berarti “perawat” atau “ibu”. Juni kemungkinan berhubungan dengan Juno, Dewi Wanita.

Kemudian, Juli dan Agustus dipilih untuk menghormati orang-orang Romawi ternama, yaitu Julius Caesar dan Augustus Caesar, sang Kaisar Romawi pertama.

Baca juga: Ini Penyebab Februari Memiliki 29 Hari pada Tahun Kabisat

Related

World's Fact 8408715347191328548

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item