Mengenal Badan Golgi, Hal Tak Terlihat tapi Penting di Tubuh Kita

Mengenal Badan Golgi, Hal Tak Terlihat tapi Penting di Tubuh Kita

Naviri Magazine - Badan Golgi (disebut pula aparatus Golgi, kompleks Golgi, atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Organel ini terdapat di hampir semua sel eukariotik, dan banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal.

Badan Golgi tersusun atas setumpuk kantong pipih dari membran yang disebut sisterna. Biasanya terdapat tiga sampai delapan sisterna, namun ada sejumlah organisme yang memiliki badan Golgi dengan puluhan sisterna.

Jumlah dan ukuran badan Golgi bergantung pada jenis sel dan aktivitas metabolismenya. Sel yang aktif melakukan sekresi protein dapat memiliki ratusan badan Golgi. Organel ini biasanya terletak di antara retikulum endoplasma dan membran plasma.

Setiap sel hewan memiliki 10 hingga 20 badan Golgi, sedang sel tumbuhan memiliki hingga ratusan badan Golgi. Badan Golgi pada tumbuhan biasanya disebut diktiosom.

Badan Golgi ditemukan oleh Camillo Golgi, seorang ahli histologi dan patologi berkebangsaan Italia.


Related

Science 4663529031572406067

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item