Bakteri Mycoplasma, Sel Paling Kecil di Alam Semesta

Bakteri Mycoplasma, Sel Paling Kecil di Alam Semesta

Naviri Magazine - Sel paling kecil yang dikenal manusia adalah bakteri Mycoplasma, yang ukurannya berdiameter 0,0001 sampai 0,001 mm. Meski ada sel tunggal yang bisa dilihat dengan mata telanjang, misalnya telur ayam yang belum dibuahi, namun sebagian besar sel berdiameter antara 1 sampai 100 µm (0,001–0,1 mm), sehingga hanya bisa dilihat melalui mikroskop.

Faktanya, penemuan dan kajian awal tentang sel memperoleh kemajuan sejalan dengan penemuan dan penyempurnaan mikroskop pada abad ke-17.

Pada tahun 1665, Robert Hooke pertama kali mendeskripsikan dan menamai sel ketika ia mengamati suatu irisan gabus (kulit batang pohon ek) dengan mikroskop yang memiliki perbesaran 30 kali.

Ia mengamati irisan-irisan tipis gabus melalui mikroskop, dan menjabarkan struktur mikroskopik gabus sebagai “berpori-pori seperti sarang lebah, tetapi pori-porinya tidak beraturan”. Hooke menyebut pori-pori itu dengan nama “cells”, karena mirip sel (bilik kecil) di dalam biara atau penjara.

Meski begitu, teori sel sebagai unit kehidupan baru dirumuskan hampir dua abad setelah itu oleh Matthias Schleiden dan Theodor Schwann. Selanjutnya, sel dikaji dalam cabang biologi yang disebut biologi sel.

Baca juga: Mengenal Sel, Materi yang Membentuk Semua Makhluk Hidup

Related

Science 3382359694229470359

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item