Bangkitnya Partai Fasis dan Impian Mussolini Menguasai Eropa

Bangkitnya Partai Fasis dan Impian Mussolini Menguasai Eropa

Naviri Magazine - Pada 23 Januari 1919, Benito Mussolini membentuk partai fasis atas dasar keinginan untuk merombak kekuasaan imperium Roma. Dikembangkan di Italia dan beberapa negara Eropa lainnya, fasisme merupakan reaksi atas perubahan politik dan sosial yang ditimbulkan oleh Perang Dunia I, serta meluasnya sosialisme dan komunisme.

Kelompok ini menganut doktrin diktatorisme, yang sama sekali tidak menoleransi segala bentuk perbedaan dan kebebasan. Nama fasisme berasal dari kata “fasces”, yaitu simbol kekuasaan Romawi Kuno yang terdiri atas seikat tangkai dan sebuah kapak.

Menggunakan ideologi yang ekstrim, kelompok fasis Italia berkembang dengan cepat, bahkan berhasil merekrut 300 ribu anggota pada tahun 1921.

Pada tahun 1922, Mussolini dan kelompoknya berhasil menguasai kota Roma, dan dia pun mengangkat dirinya sendiri sebagai Perdana Menteri Italia. Sejak itu secara perlahan ia terus memperluas kekuasaannya di seluruh Italia. Hingga ketika Perang Dunia II berakhir pada tahun 1945, Mussolini ditangkap oleh kelompok nasionalis Italia dan dihukum mati.

Baca juga: Berdirinya Nazi di Jerman dan Asal Usul Kekuasaan Adolf Hitler

Related

History 3300240562015735424

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item