Benjamin Franklin, Orang Pertama yang Mempelajari Petir dan Kilat

Benjamin Franklin, Orang Pertama yang Mempelajari Petir dan Kilat

Naviri Magazine - Penangkal petir ditemukan oleh Benjamin Franklin, ilmuwan sekaligus negarawan Amerika. Alat yang digunakan untuk tujuan itu adalah sebilah logam atau tembaga yang diletakkan di atas gedung tinggi, sehingga petir yang datang tidak mengenai gedungnya.

Benjamin Franklin juga dikenal sebagai orang pertama yang mempelajari kilat. Ia menemukan sifat alami kilat ketika menerbangkan layang-layang di tengah hujan besar yang disertai kilat. Franklin melihat ada bunga api meloncat dari kunci yang digantungkan di ujung benang yang basah.

Peristiwa itu sebenarnya bisa membuat Franklin terbunuh, namun untungnya ia selamat. Setelah itu, Franklin melanjutkan penelitiannya dengan menciptakan penangkal petir, berupa kabel tembaga yang dipasang dari puncak bangunan ke tanah, agar kilat bisa aman mencapai tanah.

Selain dikenal sebagai orang yang mempelajari kilat, Benjamin Franklin juga dikenal sebagai pelukis, politisi, ilmuwan, dan menjadi salah satu pendiri Amerika Serikat.

Baca juga: Ini Penyebab Mendung Membuat Langit Tampak Gelap

Related

Science 87794318501887939

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item