Mengenal Biologi Sel, Cabang Pengetahuan Dalam Ilmu Biologi

Mengenal Biologi Sel, Cabang Pengetahuan Dalam Ilmu Biologi

Naviri Magazine - Biologi sel adalah ilmu yang mempelajari sel, dan merupakan salah satu dari cabang biologi. Biologi sel disebut pula Sitologi, yang berasal bahasa Yunani, “kytos”, yang berarti “wadah”.

Biologi sel mempelajari sifat-sifat fisiologis sel, seperti struktur dan organel yang terdapat di dalam sel, lingkungan dan antar aksi sel, daur hidup sel, pembelahan sel dan fungsi sel (fisiologi), hingga kematian sel.

Hal-hal itu dipelajari pada skala mikroskopik maupun skala molekuler, dan sel biologi meneliti organisme bersel tunggal seperti bakteri, maupun sel-sel terspesialisasi di dalam organisme multisel seperti manusia.

Pengetahuan mengenai komposisi dan cara kerja sel merupakan hal mendasar bagi semua bidang ilmu biologi. Sedangkan pengetahuan tentang persamaan dan perbedaan di antara berbagai jenis sel adalah hal penting bagi bidang biologi sel dan biologi molekular.

Persamaan dan perbedaan mendasar itu menimbulkan tema pemersatu, yang memungkinkan prinsip-prinsip yang dipelajari dari suatu sel diekstrapolasikan dan digeneralisasikan pada jenis sel lain. Penelitian biologi sel berkaitan erat dengan genetika, biokimia, biologi molekular, dan biologi perkembangan.


Related

Science 2350916497702248507

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item