Ini Buku Paling Kecil di Dunia, Ukurannya Cuma Selebar Rambut!

Ini Buku Paling Kecil di Dunia, Ukurannya Cuma Selebar Rambut!

Naviri Magazine - Dua laki-laki bersaudara dari Kanada muncul dengan sebuah ide baru, yaitu sebuah buku yang sangat kecil sehingga kita membutuhkan mikroskop elektron untuk membacanya.

Mikroskop elektron adalah mikroskop yang mampu melakukan pembesaran objek sampai 2 juta kali! Mikroskop jenis ini menggunakan elektrostatik dan elektromagnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar, serta memiliki kemampuan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus daripada mikroskop biasa.

Judul buku terkecil di dunia itu adalah “Teeny Ted from Turnip Town”. Buku ini adalah buku cerita setebal 30 halaman, yang lebarnya sama dengan lebar rambut manusia!

Buku ini dicetak dengan silikon kristal murni, dengan biaya 15.000 dolar Amerika, atau setara dengan 211.776.748 juta rupiah. Mahal sekali, ya!

Buku itu ditulis oleh Malcolm Douglas Chaplin, dan diterbitkan oleh saudaranya yang bernama Robert, di Universitas Simon Fraser, British Columbia, Kanada.

Ukuran buku ini adalah 0,07 mm dan 0,10 mm. Halaman-halamannya terlalu kecil untuk dibaca, bahkan dengan menggunakan mikroskop sekalipun.

Setelah dimasukkannya buku kecil itu ke dalam Guinness Book of Records (buku rekor dunia), Robert, yang bekerja membuat buku terkecil itu, kemudian mengumpulkan uang untuk membuat buku versi besar dari kisah saudaranya.

Hal itu diperuntukkan agar semua orang bisa membaca buku tersebut tanpa menggunakan alat bantu apapun.

Baca juga: Urantia, Buku Misterius yang Ditulis Makhluk Setengah Manusia

Related

World's Fact 2221965352931376812

Recent

item