Mengenal Pembagian Cabang Dalam Ilmu Biologi Modern

Mengenal Pembagian Cabang Dalam Ilmu Biologi Modern

Naviri Magazine - Di masa kini, biologi mencakup bidang akademik yang sangat luas, bersentuhan dengan bidang-bidang sains yang lain, dan sering dipandang sebagai ilmu yang mandiri.

Namun, pencabangan biologi selalu mengikuti tiga dimensi yang saling tegak lurus, yaitu keanekaragaman (berdasarkan kelompok organisme), organisasi kehidupan (taraf kajian dari sistem kehidupan), dan interaksi (hubungan antar unit kehidupan serta antara unit kehidupan dengan lingkungannya).

Dalam pembagian berdasarkan kelompok organisme, taksonomi mempelajari bagaimana organisme dapat dikelompokkan berdasarkan kemiripan dan perbedaan yang dimiliki. Kemudian, berbagai kelompok itu dipelajari semua bagian kehidupannya, sehingga muncullah ilmu biologi tumbuhan (botani), biologi hewan (zoologi), biologi serangga (entomologi), dan seterusnya.

Dalam pembagian berdasarkan organisasi kehidupan, biologi mempelajari hirarki organisme, dari yang terkecil hingga yang terbesar, yaitu sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas atau masyarakat, ekosistem, dan bioma.

Pembagian lebih rinci juga mungkin terjadi. Misalnya, anatomi dapat dikhususkan pada setiap organ atau sistem (biasa terjadi dalam ilmu kedokteran), pulmonologi, kardiologi, neurologi, dan sebagainya.

Sedang dalam pembagian berdasarkan interaksi, biologi mempelajari hubungan antar unit kehidupan maupun antara unit kehidupan dan lingkungannya yang terjadi pada semua tingkat organisasi.


Related

Science 7885463199238595319

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item