Cara Mudah Cari Info atau Menyampaikan Pengaduan Soal Pertanahan

Cara Mudah Cari Info atau Menyampaikan Pengaduan Soal Pertanahan

Naviri Magazine - Layanan informasi mobile berbentuk layanan SMS informasi pertanahan dengan kode akses "2409" merupakan salah satu bentuk inovasi layanan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Ini dilakukan BPN untuk terus mencari bentuk-bentuk perbaikan mutu pelayanan.

Inovasi tersebut diharapkan memudahkan masyarakat yang sedang berurusan dengan kantor pertanahan untuk mengetahui perkembangan urusannya, tanpa harus datang ke kantor pertanahan. Dengan layanan ini pula, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi biaya layanan, dan menyampaikan pengaduan tentang layanan pertanahan.

Memang, Anda tak perlu langsung datang ke kantor BPN dan harus kehilangan banyak waktu dan biaya. Layanan ini dapat diakses dari mana pun, dan tersedia selama 24 jam.

Biayanya relatif murah, yaitu hanya Rp 350 untuk setiap SMS. Biaya tersebut dibebankan langsung ke pulsa pengirim SMS. Biaya ini berlaku sama untuk semua jenis penyedia layanan telekomunikasi.

Layanan tersebut juga menggunakan kode akses yang singkat dan mudah diingat, yakni "2409". Kode tersebut merupakan penyatuan berbagai layanan SMS pertanahan yang telah ada di tiap-tiap kantor pertanahan dengan nomor akses berbeda-beda.

Berdasarkan situs www.bpn.go.id, angka "2409" merepresentasikan tanggal dan bulan lahirnya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA), yakni 24 September 1960. SMS Informasi Pertanahan diklaim sebagai wujud nyata BPN baru dengan semboyan pelayanan pertanahan yang cepat, murah, sederhana, pasti, dan tidak KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme).

Untuk memperoleh informasi melalui SMS "2409", caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengirim SMS ke nomor khusus "2409" dengan mengetikkan kata kunci sesuai format yang disediakan. Dengan begitu, informasi yang diinginkan akan segera diperoleh dengan mudah, cepat, dan murah.

Baca juga: Memahami Perbedaan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu BPJS

Related

Tips 1515602087660803910

Recent

item