Begini Cara YouTuber Mendapatkan Penghasilan dari YouTube

Begini Cara YouTuber Mendapatkan Penghasilan dari YouTube

Naviri Magazine - Banyak orang yang menjadi YouTuber, dan mereka aktif mengunggah video-video buatan mereka untuk ditonton para pengakses YouTube. Sebagian YouTuber bahkan mendapatkan uang yang banyak dari aktivitas tersebut, dan uang mengalir dari video-video mereka yang tayang di YouTube.

Sebenarnya, bagaimana cara YouTuber mendapatkan penghasilan dari YouTube? Bagaimana perhitungan pendapatan Youtuber?

Berapa besaran nilai yang didapatkan, adalah pertanyaan yang sering muncul. Terlebih bagi yang masih pemula. Publisher (YouTuber) akan mendapatkan bagi hasil dengan YouTube dari iklan yang dipasang. Iklan inilah yang menjadi cara mendapatkan uang dari YouTube. Jadi tidak semua penghasilan untuk publisher, tapi dibagi dengan YouTube.

Adapun nilai pembagian pendapatan adalah 45:55, dengan 45% bagian untuk YouTube dan 55% untuk publisher. Nantinya, nilai pendapatan YouTube berasal dari CPM atau Cost Per Miles. Artinya, perhitungan uang yang didapatkan pada setiap seribu kali tayangan.

Untuk nilai CPM sendiri bervariasi, bergantung pada lokasi geografis maupun kesesuaian niche (tema) video dengan jenis iklan.

Penghasilan YouTube dari jumlah viewers

Seperti kita tahu, semakin banyak viewers maka semakin banyak pula rupiahnya. Misalnya seorang YouTuber terkenal memasukkan sebuah video beriklan yang memiliki viewers sebanyak 1.010.279 orang, berapa penghasilan dia? Kisaran perhitungan pembayaran YouTube yang diperoleh diperkirakan antara $131.34 USD sampai $303.08 USD, yang jika dirupiahkan berkisar Rp4.031.267.

Nilai di atas dihitung berdasarkan RPM atau Revenue per Thousand Impressions. RPM merupakan pendapatan per seribu kali impresi (tayang) yang diperoleh antara $0.13 sampai $0.30 USD.

Perbedaan harga iklan bergantung pada wilayah, jenis konten iklan, jenis iklan, serta jumlah subscriber yang dimiliki channel. Jadi banyak faktor yang akan mempengaruhi pendapatan pada RPM youtube.

Baca juga: Ini 8 Channel Youtube Indonesia Dengan Subscriber Terbanyak

Related

Internet 7646008328821680554

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item