Empat Makalah Penting Albert Einstein yang Mengubah Dunia Fisika

Empat Makalah Albert Einstein yang Mengubah Dunia Fisika

Naviri Magazine - Ada empat makalah Einstein yang sangat luar biasa pengaruhnya dalam merevolusi fisika, dan keempat makalah tersebut diterbitkan dalam setahun pada sebuah jurnal ilmiah bergengsi.

Waktu itu tahun 1905. Pada tahun tersebut, Einstein memublikasikan empat makalah yang mengguncang pandangan umum tentang ruang, waktu, massa, dan energi pada zamannya, dan membantu meletakkan fondasi fisika modern, pada saat dia sedang menulis disertasi doktoralnya, dan di tengah-tengah kesibukan pekerjaannya sebagai seorang pemeriksa kelas tiga di kantor paten Swiss.

Sejak menyelesaikan pendidikan doktor, Einstein telah mengajukan banyak lamaran pada berbagai posisi akademik, tetapi sekolah demi sekolah menolak lamarannya dengan kasar. Penolakan sekolah-sekolah ini berasal dari surat rekomendasi yang didapat dari Heinrich Weber, seorang profesor yang kelas-kelas kuliahnya telah diabaikannya.

Tetapi penolakan ini justru memberi Einstein cukup banyak waktu untuk memahami empat makalah jurnalnya yang menonjol di Annals of Physics, yang keempatnya dipublikasikan dalam satu tahun yang luar biasa:

 “On a Heuristic Viewpoint Concerning the Production and Transformation of Light" yang membahas tentang efek fotolistrik dengan menggunakan teori kuantum (makalah inilah yang pada akhirnya membawa Einstein sebagai penerima hadiah Nobel Fisika).

"On the Movement of Small Particles Suspended in Stationary Liquids Required by the Molecular-Kinetic Theory of Heat" yang secara eksperimen telah terbukti tentang keberadaan atom-atom.

"On the Electrodynamics of Moving Bodies", yang merupakan matematika dari teori relativitas khusus.

"Does the Inertia of a Body Depend Upon Its Energy Content?" yang menjelaskan bagaimana teori relativitas mengantarkan kita pada konsep kesetaraan antara energi dan massa E = mc2.

Baca juga: Kisah Hidup Abu Nawas, Penyair Arab Paling Legendaris di Dunia

Related

Science 8704233287500157124

Recent

item