Fakta-fakta di Balik Bendera Amerika yang Jarang Diketahui

Fakta-fakta di Balik Bendera Amerika yang Jarang Diketahui

Naviri Magazine - Semua negara di dunia memiliki bendera yang menjadi simbol negara bersangkutan. Indonesia, misalnya, memiliki bendera nasional berupa bendera dengan warna merah dan putih. Warna merah dan putih memiliki makna atau arti sendiri. Merah berarti berani, dan putih berarti suci.

Bendera-bendera negara lain juga memiliki makna atau arti semacam itu, bahkan memiliki beragam kisah di belakangnya. Bendera Amerika, misalnya, memiliki banyak kisah di baliknya. Sebagian terkenal, sebagian lain tidak dikenal. Berikut ini uraiannya.

Punya 27 versi bendera

Selama belasan tahun, koloni asli yang cuma berjumlah 13 tumbuh menjadi 50 negara bagian baru. Untuk menggambarkan koloni-koloni baru ini, Amerika memilih untuk mempertahankan desain bendera nasional, dan negara yang baru bergabung boleh mendesain ulang bendera dengan beberapa perubahan.

Beberapa versi tak resmi sempat dikibarkan di markas besar angkatan darat Amerika, seperti rancangan bendera dengan 39 bintang yang disusun dalam lingkaran, dalam bentuk berlian dan bintang.

A High School Student Created The 50-Star Design

Waktu Alaska dan Hawaii bergabung di tahun 1959, juga ada imbauan untuk mendesain ulang bendera. Karena merasa tertantang, seorang siswa bernama Bob pernah mengirim desain ulang bendera Ohio, dengan jumlah bintang sebanyak 50, dan membawanya ke kelas.

Di kelas, si guru tak terima dengan rancangan Bob, dan menamparnya. Tapi sekarang desain dengan 50 bintang tetap terpampang di tiap bendera nasional Amerika.

Sebelum meninggal pada 2009, Bob sempat merancang ulang dengan jumlah bintang sebanyak 51, dalam rangka jaga-jaga seandainya Puerto Rico jadi bergabung dengan Amerika.

An Actual Flag Inspired The National Anthem

Lagu kebangsaan Amerika sebenarnya sebuah puisi yang ditulis oleh Francis Scott Key, yang terinspirasi dari desain bendera nasional. Puisi ini ditulis tanggal 13 september 1814, ketika Fort McHenry dibombardir.

Bendera lama yang dijadikan inspirasi ini masih dapat dilihat di Smithsonian di Washington, walaupun beberapa bagian bendera sudah hilang. Baru-baru ini, potongan bendera ini dilelang pada 2011 di Dallas, dan terjual 65.575 dollar. Versi yang dijadikan inspirasi ini juga versi yang masih menggunakan jumlah 15 garis.

The Colors Have Meaning

Sudah banyak yang tahu kalau bintang putih di bendera Amerika melambangkan jumlah negara bagian (50 negara bagian), dan 13 garis merah dan putih melambangkan jumlah koloni asli.

Warna merah dan putih itu sebenarnya punya makna tersendiri. Warna bendera ini diadopsi tahun 1777, dan awalnya memang tak punya makna, sampai akhirnya dibentuk the Great Seal of United States pada 1782.

Sekretaris dari kongres kontinental, bernama Charles Thompson, melaporkan kepada kongres kalau warna garis vertikal melambangkan kesucian, merah melambangkan keberanian, dan biru merupakan warna kepemimpinan dan keadilan.

The First Flag Was Commissioned Via A Native American

Setahun setelah terjadi revolusi, Amerika Serikat, yang baru saja diproklamasikan, belum punya bendera. Sampai akhirnya, seorang penduduk asli bernama Thomas Green merencanakan perjalan ke Philadelphia. Thomas khawatir perjalanannya tidak aman, dan dia memutuskan mengibarkan satu bendera sebagai upaya perlindungan.

Karena Amerika belum punya bendera, Green memohon ke kongres, dan kongres mengeluarkan desain bendera 10 hari setelahnya, pada tanggal 14 Juni. Resolusi penentuan bendera ini dilakukan dan dikenal sebagai hari bendera di Amerika.

Betsy Ross May Not Be As Important To The Story As We Thought

Betsy Ross dikenal oleh generasi muda Amerika sebagai wanita yang mendesain bendera nasional mereka, atas permintaan George Washington. Tapi, Ross sebenarnya tak terlibat dalam proses pembuatan bendera pertama. Namanya tidak dikenal, sampai di tahun 1876, atau 40 tahun setelah kematiannya.

Cerita ini berawal ketika kongres mendekati Ross pada tahun 1776, untuk menciptakan desain bendera, yang akan dirancang berdasarkan konsep dari kongres, dan faktanya juga cerita ini tak pernah terjadi. Ross dan tokonya cuma berhubungan dengan produksi bendera selama berabad-abad, bukan sebagai pencetus desain.

The Flag Has A Name

Bendera Amerika punya nama, dan namanya bukan "star-spangled banner" seperti yang dipercaya banyak orang. Bendera nasional Amerika dikenal dengan nama Old Glory, tapi nama ini belum pernah diresmikan oleh kongres.

Old Glory cuma nama yang diberikan untuk bendera berukuran 3 x 5 menter yang dimiliki oleh William Driver. William merupakan kapten angkatan laut dari Massachusets, dan terus mengibarkan bendera selama perang sipil berlangsung di Tennese.

Setelah Tennesse keluar dari persekutuan, bendera William jadi target penyerang. William berhasil menyembunyikan benderanya. Dan ketika Nasville dijatuhkan tahun 1862, William memerintahkan pasukan persekutuan untuk menjaga benderanya, tetapi ternyata perang sudah selesai.

Old Glory terus berkibar di pusat pemerintahan Tennesse, dan cerita tentang William mempertahankan bendera ini akhirnya dikenal banyak orang.

Baca juga: Prahara di Suriah dan Kemungkinan Terjadinya Perang Dunia III

Related

World's Fact 6759817550177758299

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item