Film Hunger Games Dilarang di Thailand, Alasannya Mencengangkan

Fim Hunger Games Dilarang di Thailand, Alasannya Mencengangkan

Naviri Magazine - Pemerintah Thailand melarang pemutaran film Hunger Games: The Mockingjay Part 1 di sejumlah bioskop di Bangkok, menyusul aksi warga yang mengadopsi salam tiga jari sebagai tanda pembangkangan kepada pemerintahan junta.

Larangan ini langsung diprotes oleh penonton, yang langsung mengadakan kampanye "naikkan tiga jari, bawa pop corn" di Facebook.

"Polisi meminta pengelola bioksop untuk menghentikan penayangan The Hunger Games yang baru tayang kemarin," kata salah satu aktivis, seperti dilaporkan Sydney Morning Herlad.

Sejumlah harian di Bangkok menampilkan foto salam tiga jari ala Hunger Games di halaman depan, yang dilakukan sejumlah mahasiswa. Mengacungkan tiga jari ke atas dinyatakan sebagai bentuk kekecewaan setelah pemimpin kudeta, Prayuth Chan-ocha, menduduki jabatan sebagai perdana menteri.

Dalam film Hunger Games, mengacungkan tiga jari dilakukan oleh Katniss Everdeen yang menentang pemerintah Capitol yang totaliter, yang dipimpin oleh Presiden Coriolanus Snow. Salam tiga jari Katniss pun menular menjadi simbol perlawanan, yang diikuti oleh warga dari berbagai distrik.

Sejak menggulingkan pemerintah, junta Thailand bertindak cepat menghapus setiap hal yang dianggap dapat "memprovokasi" dan "memberikan wawasan" kepada warga sipil tentang kondisi negara itu. Setidaknya 200 situs, stasiun televisi, dan siaran radio, telah diblokir oleh pemerintah junta untuk mencegah protes dari masyarakat.

Junta menerima kritik media Thailand, karena dianggap membatasi hak-hak para jurnalis untuk berekspresi. Jurnalis di Negeri Gajah Putih itu menuntut agar pemerintah mencabut pembatasan dengan alasan keamanan yang "tidak masuk akal".


Related

World's Fact 6202422224205068193

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item