Hati-hati, Sekarang Membuat Foto Menara Eiffel Bisa Didenda!

Hati-hati, Sekarang Membuat Foto Menara Eiffel Bisa Didenda!

Naviri Magazine - Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan Menara Eiffel? Ya, salah satu bangunan paling ikonik di dunia itu memang sangat indah dan mampu menarik minat jutaan wisatawan lintas negara tiap tahun untuk mendatangi Paris.

Namun, kini berhatilah-hatilah bagi para wisatawan yang hendak mengambil gambar Menara Eiffel. Anda kini tidak bisa sembarangan lagi memposting foto tersebut.

Pasalnya, menurut regulasi hak cipta Uni Eropa, mengambil dan berbagi foto Menara Eiffel dalam kondisi malam hari yang diterangi kilauan cahaya artistik adalah ilegal, alias melanggar hukum. Para wisatawan yang ketahuan melakukannya akan dikenai sanksi berupa denda.

Menara Eiffel yang telah berdiri sejak 1889 sejatinya memang ruang publik yang secara sah dapat dikunjungi siapa pun. Menara Eiffel pun legal untuk diambil fotonya pada siang hari. Namun tidak dengan pemandangan menakjubkan Menara Eiffel di malam hari.

Menurut penjelasan pihak pengurus Menara Eiffel, tata cahaya Eiffel di malam hari adalah karya artistik yang dilindungi hukum hak cipta. Artinya, siapa pun yang mengabadikan atau mereproduksi tata cahaya di Menara Eiffel masuk ke dalam tindak pelanggaran hak cipta.

Salah seorang ahli hukum hak cipta, Dimita Dimitrov, mengatakan, "Di siang hari, Menara Eiffel memang bebas hak cipta, tapi tidak di malam hari. Pertunjukkan tata cahaya yang tersaji dilindungi hak cipta." Demikian seperti yang dilansir laman Daily Mail.

Hukum hak cipta yang diaplikasikan pada properti atau ruang publik ini baru diterapkan secara disiplin di Perancis. Sementara di negara-negara Uni Eropa lainnya belum diterapkan secara sungguh-sungguh.

Di Rumania, Bulgaria, dan Slovenia, contohnya. Di tiga negara Eropa Timur tersebut, wisatawan masih boleh dengan bebas mengambil dan membagikan foto ikon-ikon pariwisata, asal dengan catatan bukan untuk tujuan komersial.

Sementara di Inggris, Belanda dan Jerman, hukum hak cipta ruang publik belum diterapkan sama sekali.


Related

World's Fact 5537205302137804261

Recent

item