Diam-diam, George Clooney Memata-matai Diktaktor Sudan

Diam-diam, George Clooney Memata-matai Diktaktor Sudan

Naviri Magazine - Aktor George Clooney memiliki satelit mata-mata yang berada di perbatasan Sudan. Satelit digunakan untuk memata-matai diktaktor Sudan, Omar al-Bashir.

"Kebanyakan uang yang aku hasilkan dari iklan Nespresso, aku habiskan untuk menaruh satelit di atas perbatasan Sudan utara dan Selatan," ujar Clooney kepada Guardian.

Menurut Clooney, Omar al-Bashir, diktator Sudan, dihukum atas kejahatan perang di Hague. Sang diktator sadar dan pernah mengeluarkan pernyataan kalau Clooney memata-matainya.

"Well, selamat datang di duniaku, Mr. War Criminal,” kata Clooney. “Aku ingin penjahat perang mememiliki perhatian yang sama dengan yang aku dapatkan. Aku rasa itu adil."

Satelit itu merupakan bagian dari progam mata-mata The Satellite Sentinel Project.  Mereka melacak pergerakan tentara Sudan yang brutal, dan mencoba memberikan peringatan kepada sipil terhadap serangan yang akan terjadi.

Bukan kali ini saja Clooney berurusan dengan Sudan. Maret 2013 lalu, ia ditangkap saat protes di depan kedutaan besar Sudan, di Washington DC.

"Tujuannya sama dengan yang selama ini dilakukan, dan akan terus berlanjut dan tidak akan selesai hari ini atau kapan pun. Tapi ini adalah pekerjaan yang harus kita lanjutkan untuk mendapatkan perhatian," ujar Clooney pada Huffington Post saat itu.

Clooney memanfaatkan status selebritasnya untuk memprotes pemikiran pemerintah Sudan yang menyerang dan membunuh warga yang tidak berdosa. Dia menjadikan masalah itu sebagai motivasi utama atas penentangannya terhadap pemerintah Sudan.

"Yang paling penting adalah mengizinkan bantuan masuk karena beberapa bulan ke depan itu bisa menjadi krisis kemanusiaan terbesar di dunia," kata aktor sekaligus produser film Argo ini.

Baca juga: Aziz Gagap, Kuli Bangunan yang Sukses Jadi Pelawak Terkenal

Related

Celebrity 3391987256485057770

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item