Mengapa Gerai Ayam Goreng Hanya Menyediakan Dada dan Paha?

Mengapa Gerai Ayam Goreng Hanya Menyediakan Dada dan Paha?

Naviri Magazine - Kapan pun kita masuk ke gerai ayam goreng, kita pasti akan mendapati pertanyaan yang sama, “dada atau paha?” Pertanyaan itu akan diajukan di gerai ayam goreng mana pun. Sepertinya, kita sangat jarang, atau bahkan tidak pernah, mendapati ada pelayan gerai yang bertanya, “Ceker atau otak ayam?”

Bahkan sayap ayam pun jarang ditawarkan, meski bagian itu mengandung daging. Kenyataannya, dada dan paham ayam seperti menjadi menu wajib, dan hanya dua itulah yang bisa dipilih. Dari situ pula, sebagian orang memilih dada, sementara yang lain lebih suka bagian dada.

Memilih bagian daging ayam yang hendak disantap bisa jadi seperti sebuah idealisme. Mereka biasanya menghubungkannya dengan kesehatan. Ada yang beranggapan bagian dada lebih aman ketimbang paha, karena menjadi titik pusat suntikan antiobitika ayam. Namun, ada pula yang tidak peduli yang penting lezat.

Dalam sebuah survei online di Kanada dalam laman www.tellwut.com, terungkap dari 1.465 peserta yang menentukan sikap terhadap bagian daging ayam favoritnya, sebanyak 52 persen netizen menempatkan dada ayam jadi bagian favorit mereka, 17 persen memilih paha, 13 sayap, 10 persen kaki, dan 8 persen bagian lain. Di negara-negara maju, bagian paha “dark meat” memang sering dianggap tak sehat.

Sementara itu, dari penelitian Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran pada September 2015 yang berjudul “Pola Konsumsi Daging Ayam Broiler Berdasarkan Tingkat Pengetahuan dan Pendapatan Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran” terhadap sampel 30 responden, justru sebaliknya. Sebanyak 36,67 persen responden memilih bagian paha atas yang paling disukai, 30 persen memilih dada ayam, dan 16,67 persen paha bawah dan sayap.

Dada ayam diminati oleh responden karena banyak mengandung daging dan empuk. Sementara bagian paha atas juga banyak diminati oleh responden karena bagian ini selain terdapat daging yang cukup banyak juga terdapat kulit yang banyak lemak dan gurih.

Dua survei tadi membuktikan bahwa bagian dada dan paha ayam menjadi pilihan utama konsumen. Dada dan paha ayam memang yang paling populer dari sekian banyak bagian ayam lainnya.

Baca juga: Antara Dada dan Paham Ayam, Manakah yang Lebih Bergizi?

Related

Food 9084629528241754366

Recent

item