Isolasi Sel, dan Cara Ilmuwan Meneliti Sel Makhluk Hidup

Isolasi Sel, dan Cara Ilmuwan Meneliti Sel Makhluk Hidup

Naviri Magazine - Isolasi sel adalah proses pengambilan suatu partikel sel dari tempat asalnya, untuk diteliti lebih lanjut. Sel dapat diisolasi dari suspensi jaringan. Isolasi sel dapat dilakukan dengan dua cara, yang disebut Fluorescence-Activated Cell Sorter dan Laser Capture Microdissection.

Prinsip metode Fluorescence-Activated Cell Sorter menggunakan antibodi yang berikatan dengan zat fluoresen untuk melabel sel spesifik. Suspensi sel dilewatkan pada sinar laser dan dibaca oleh detektor.

Suspensi yang mengandung sel diberi sinyal positif atau negatif, bergantung pada selnya mengandung zat fluoresen atau tidak. Suspensi kemudian melewati aliran listrik dan dipisahkan ke tempat masing-masing sesuai muatannya.

Sedangkan prinsip metode Laser Capture Microdissection menggunakan laser untuk memotong bagian tertentu, dan memindahkannya ke tempat lain. Misalnya memisahkan sel tumor dari jaringannya.

Baca juga: Misteri Jamur Aneh dari Brazil, Bisa Memancarkan Sinar Saat Gelap

Related

Science 289721809565751343

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item