Di Belanda, Ada 600 Jembatan Khusus Penyeberangan Hewan

Di Belanda, Ada 600 Jembatan Khusus Penyeberangan Hewan

Naviri Magazine - Kebanyakan, jembatan penyeberangan dibuat untuk memudahkan manusia berpindah jalan. Ternyata, ada juga jembatan yang dibuat khusus untuk hewan menyeberang. Belanda punya 600 jembatan khusus hewan menyeberang.

Demi kelangsungan penyebaran dan kehidupan hewan di alam liar, pemerintah Belanda memiliki langkah khusus. Salah satunya adalah membuat jembatan penyeberangan khusus hewan. Jadi, karena sudah merusak habitat asli para hewan (membuat jalan di tengah hutan, contohnya) manusia juga harus bertanggung jawab dengan nasib para hewan.

Sebenarnya sudah banyak negara yang membuat jembatan seperti ini. Jembatan khusus hewan yang pertama di dunia dibuat di Prancis pada tahun 1950-an. Negara-negara lain pun menyusul, seperti Swiss, Jerman, Kanada, AS, dan lainnya. Salah satu negara yang punya banyak sekali jembatan seperti ini adalah Belanda.

Dilansir dari humanesociety.org, ada sekitar 600 jembatan, baik di atas atau bawah tanah, yang diperuntukkan bagi para hewan. Di Belanda, jembatan seperti ini bernama Ecoduct. Jembatan ini sangat berguna untuk persebaran hewan-hewan liar di sana, seperti rusa, babi hutan, dan lainnya.

Salah satu tempat yang terkenal yaitu Veluwe. Ini adalah hutan alami seluas 100 km persegi, menjadi satu-satunya hutan di barat laut Eropa yang ketinggiannya berada di bawah permukaan laut. Dalam area hutan yang dilewati jalan raya ini, ada 9 ecoduct. Masing-masing jembatan memiliki rata-rata lebar 50 meter.

Belanda juga punya ecoduct terpanjang di dunia, bernama Natuurburg Zanderij di Crailo. Jembatan ini dibangun pada tahun 2006. Seperti jembatan kebanyakan, lebarnya sekitar 50 meter, namun panjangnya mencapai 800 meter.

Ecoduct ini melewati jalur kereta, taman kota, sungai, jalan dan komplek olahraga. Kira-kira kapan Indonesia punya jembatan seperti ecoduct, ya?

Baca juga: Ini yang Terjadi, Jika Keledai Kawin dengan Zebra

Related

World's Fact 3860755560953384

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item