Mengenal Kartu Indonesia Pintar dan Cara Menggunakannya

Mengenal Kartu Indonesia Pintar dan Cara Menggunakannya

Naviri Magazine - Kartu Indonesia Pintar adalah kartu yang ditujukan bagi keluarga miskin dan rentan miskin, yang ingin menyekolahkan anaknya secara gratis.

Selain itu, Kartu Indonesia Pintar juga akan menjangkau anak-anak yang berada di luar sekolah, misalnya anak jalanan, anak putus sekolah, yatim piatu, dan difabel.

”Dengan kartu ini, kita mengimbau kepada sekolah untuk menerima kembali anak yang tidak bersekolah," ujar Menteri Pendidikan Dasar Menengah, dilansir dari situs Kemendikbud.go.id.

Agar anak-anak yang tidak mendapat pendidikan formal juga bisa mendapat pendidikan keterampilan, KIP akan berlaku untuk balai-balai latihan kerja. Penerima kartu ini hanya tinggal menunjukkan Kartu Indonesia Pintar ke pihak sekolah dan balai-balai latihan.

KIP pada fase pertama diterapkan pada 18 provinsi kabupaten kota, dengan sasaran 152.434 siswa di jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Jumlah tersebut akan bertambah karena data tersebut menggunakan data Bantuan Siswa Miskin (BSM).

KIP akan didistribusikan secara bertahap di 18 lokasi kabupaten/kota di Indonesia. Lokasi tersebut adalah Jembrana, Pandeglang, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Cirebon, Bekasi, Kuningan, Semarang, Tegal, Banyuwangi, Surabaya, Balikpapan, Kupang, Mamuju Utara, dan Pematang Siantar.

Baca juga: Berbiaya Ratusan Juta, Inilah 5 SD Termahal di Jakarta

Related

Education 9079200064234468025

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item