Mengenal Kartu Indonesia Sehat dan Cara Menggunakannya

Mengenal Kartu Indonesia Sehat dan Cara Menggunakannya

Naviri Magazine - Kartu Indonesia Sehat bertujuan untuk meringankan beban masyarakat miskin terhadap kesehatan. KIS diberikan kepada anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sehingga tidak menggeser Sistem JKN. Dalam pelaksanaannya, pemerintah telah menunjuk BPJS Kesehatan sebagai penyelenggaranya.

"KIS hanya kartunya, dan tidak akan menggantikan JKN. Bahkan para anggota JKN yang memegang KIS akan mendapatkan sejumlah benefit, salah satunya edukasi," kata Menteri Kesehatan, Nila Moeloek.

Adapun keluarga miskin yang menjadi penerima bantuan iuran JKN, yaitu sebanyak 86,4 jiwa, akan tetap ditanggung dengan Kartu Indonesia Sehat. Namun, anak dari keluarga miskin bisa langsung menggunakan Kartu Indonesia Sehat tanpa harus mendaftar lagi.

Jumlah penerima KIS bertambah, karena juga menanggung penyandang masalah kesejahteraan sosial yang selama ini tak masuk data penerima bantuan iuran, seperti para gelandangan yang ada di bawah jembatan.

Pada tahap pertama, KIS dibagikan ke 19 provinsi. Sedangkan provinsi lainnya akan disalurkan pada tahap selanjutnya. Diharapkan, seluruh penduduk prasejahtera di Indonesia sudah memiliki kartu tersebut. Pendistribusian dibantu oleh PT Pos Indonesia dan perbankan nasional, yaitu Bank Mandiri.

Bagaimana cara menggunakannya? Ternyata sangat mudah, pemilik kartu hanya tinggal menunjukkan Kartu Indonesia Sehat saat sedang berobat di puskemas dan rumah sakit

Baca juga: Upaya Menyelamatkan Bahasa Daerah yang Terancam Punah

Related

Tips 9140356451204437927

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item