Ketok Magic, Jasa Perbaikan Mobil yang Unik dan Misterius

 Ketok Magic, Jasa Perbaikan Mobil yang Unik dan Misterius

Naviri Magazine - Ramainya mobil-mobil baru dengan harga terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah, membuat lalu lintas di kota besar, khususnya untuk DKI Jakarta, semakin semrawut dan macet.

Kondisi seperti itu yang kerap membuat kendaraan, khususnya roda empat, rentan terhadap gesekan-gesekan. Tidak sedikit gesekan itu menimbulkan bekas goresan. Bahkan, body mobil bisa saja penyok akibat tabrakan, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Bagi mereka yang memiliki mobil baru tentu harus ekstra hati-hati, agar mobil kesayangannya tidak lecet-lecet dan penyok. Untuk memperbaiki kerusakan itu, para pengendara mobil harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, tergantung seberapa besar kerusakan yang harus diperbaiki.

Salah satu alternatif untuk memperbaiki bagian mobil yang penyok adalah menggunakan jasa ketok magic. Jasa seperti ini sangat banyak diminati untuk memperbaiki mobil body yang lecet dan penyok.

Ketok magic adalah sebutan untuk bengkel reparasi body kendaraan, sedangkan magic tidak ada kaitannya dengan sihir, tapi lebih pada bentuk keahlian khusus. Pengerjaan ketok magic membutuhkan waktu yang relatif cepat, dan hasilnya pun lebih rapih.

Nama asli ketok magic sebenarnya 'kenteng teter', yang dicetuskan oleh Mbah Tutur sekitar tahun 1962 di daerah Blitar, Jawa Timur. Mbah Tutur dikenal masyarakat Blitar sebagai pribadi tidak sombong dan tidak pelit memberikan ilmunya bagi orang yang mau mempelajari.

"Saya sempat belajar sama dia (Mbah Tutur). Yah, biasa, belajar ilmu bengkel. Saya masih ingat dulu dari Surabaya, Bali, NTT, pada ke Mbah Tutur untuk betulin mobilnya abis tabrakan. Jadi memang dari dulu memuaskan," ujar Yudi, bekas murid Mbah Tutur, di Bengkel 'Sido Makmur' Jalan Skip No. 8, Sunter Jaya, Jakarta Utara.

Pria asal Blitar, Jawa Timur, ini mengatakan, pada saat Mbah Tutur mengerjakan mobil yang rusak parah, tidak ada satu orang pun yang boleh melihat proses pengerjaannya.

"Gimana, yah? Itu emang amanat dari dia, jadi emang ketok magic enggak boleh dilihat, harus tertutup. Cuma dia (Mbah Tutur) sendiri aja yang ngebenerin mobilnya," ucap dia.

Tak mudah memang mencari ketok magic saat ini di Jakarta dan sekitarnya, terlebih lagi bengkel-bengkel mobil kian menjamur. Sehingga bengkel ketok magic jarang ditemukan di tengah-tengah kota.

Bahkan, bengkel yang memberi jasa ketok magic saat ini sulit dicari dan jarang ada yang mau diwawancarai. Mereka beralasan, proses pengerjaan ketok magic tidak boleh diberitahukan.

Baca juga: Bengkel Ketok Magic Gunakan Ilmu Gaib untuk Perbaiki Mobil?

Related

Automotive 4649634703518243507

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item