Kisah Qarun, Pemilik Harta Terbesar yang Pernah Ada di Dunia

Kisah Qarun, Pemilik Harta Terbesar yang Pernah Ada di Dunia

Naviri Magazine - Qarun adalah nama terkenal. Ia sering diceritakan sebagai sosok yang semula sangat miskin, lalu berubah menjadi kaya-raya, bahkan menjadi orang paling kaya di zamannya. Sayangnya, Qarun menemui akhir kisah yang tragis. Saat masih miskin, dia dikabarkan sebagai orang baik dan taat beragama. Namun, ketika kaya, dia sombong dan angkuh.

Karena keangkuhannya pula, Qarun harus menghadapi bencana yang tak terduga. Sebuah bencana menelan dirinya beserta seluruh hartanya. Karena itu pula, orang-orang yang menemukan harta terpendam di tanah biasanya menyebutnya harta karun, merujuk pada nama si Qarun. Berikut ini fakta-fakta mencengangkan seputar Qarun dan hartanya.

Qarun memiliki ribuan gudang harta

Banyak literatur yang menyebut Qarun mempunyai ribuan gudang yang memuat harta-hartanya. Dalam satu gudang berisi benda berharga dengan nilai sangat tinggi. Dari emas, perak, permata, serta benda-benda berharga lainnya.

Jika seseorang memiliki satu saja gudang seperti itu, kita bisa menyebutnya jutawan bahkan miliuner. Lalu bagaimana kita akan menyebut Qarun yang mempunyai ribuan gudang harta semacam itu?

Kunci-kunci harta milik Qarun dipikul 10 orang 

Dalam sebuah riwayat dikatakan, suatu hari Qarun pernah pamer hartanya di hadapan orang-orang Israel. Semua orang tertegun kala itu. Bukan hanya karena melihat harta Qarun, tetapi juga formasi orang-orang kekar di belakang Qarun. Ya, mereka bertugas membawa kunci-kunci harta milik Qarun.

Kunci-kunci harta Qarun sangat banyak, sampai-sampai harus dibawa sendiri oleh pria-pria kekar. Bahkan orang yang membawa kunci tadi sampai 10 orang. Jika kuncinya saja sebanyak itu, kita bisa membayangkan sebanyak apa harta yang dimiliki Qarun.

Qarun mempunyai banyak istana

Memiliki harta sebanyak itu, sangat wajar bila Qarun mampu membeli semua hal, termasuk istana-istana. Pria yang asalnya sangat miskin ini mempunyai istana yang tersebar di Mesir.

Qarun mempunyai banyak istana, tapi hampir tidak ada yang tersisa di akhir hidupnya. Entah hancur atau dimakan zaman.

Ratusan kuda terbaik yang sangat mewah

Menjadi orang kaya yang hartanya sudah tidak bisa dihitung lagi, jelas Qarun tak perlu bekerja. Buat apa? Meskipun begitu, Qarun mempunyai kegiatan rutin yang biasa dilakukannya, yaitu pamer harta yang mirip parade karnaval.

Hal yang unik dari parade pamer harta ini adalah kuda-kuda Qarun. Mereka adalah jenis yang paling mahal dan terbaik. Kuda-kuda itu juga dihias sangat glamor. Mereka diberi pelana mentereng serta ornamen-ornamen asal emas dan perak. Satu kuda yang menggunakan hiasan macam ini konon harganya sangat mahal. Qarun punya ratusan yang seperti itu.

Qarun punya bala tentaranya sendiri

Layaknya orang kaya zaman sekarang, Qarun juga memiliki bodyguard. Tetapi, karena sangat kelebihan harta, Qarun menyewa aneka macam bodyguard. Alhasil, dia seolah mempunyai satu unit korps tentara besar sendiri.

Tugas para tentara itu adalah menjaga Qarun dan hartanya. Juga bertugas memikul kunci-kunci harta Qarun yang sangat berat. Memang mudah bagi Qarun untuk mendapatkan apa pun. Soal pasukan, sebenarnya dia juga sanggup menyewa semua orang Mesir buat jadi pengawalnya.

Inilah Qarun, pria terkaya yang namanya melegenda. Namun, meskipun sangat kaya, kita tahu akhir Qarun sangatlah buruk. Dalam sebuah parade pamer harta, tiba-tiba bumi berguncang dan akhirnya menelan Qarun sekaligus semua hartanya.

Baca juga: Tuntunan Islam Saat Menghadapi Kekurangan dan Kemiskinan

Related

Moslem World 1845122243374551499

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item