Komentar Tokoh Penemu Internet Tentang Internet Zaman Sekarang

Komentar Tokoh Penemu Internet Tentang Internet Zaman Sekarang

Naviri Magazine - Penemu Internet, Sir Tim Berners-Lee, mengemukakan pendapatnya tentang kontrol pemerintah atau perusahaan besar terhadap internet.

Dalam acara penyerahan penghargaan Queen Elizabeth Prize for Engineering, ia mengatakan bahwa world wide web atau internet harus dijaga agar tidak dikendalikan oleh pemerintah atau perusahaan besar. Internet tidak seharusnya dikendalikan pemerintah atau perusahaan besar untuk tujuan mereka.

Sir Tim Berners-Lee juga mengungkapkan pendapatnya tentang Edward Snowden yang membuka adanya kegiatan memata-matai yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat terhadap pengguna internet. Ini artinya, penemuan Sir Tim Berners-Lee digunakan pemerintah AS untuk mengakses komunikasi individu.

Menurutnya, desain asli web 24 tahun yang lalu adalah untuk ruang universal. Ketika membuat sesuatu yang universal, dapat digunakan untuk hal-hal yang baik atau hal-hal buruk. Kita harus bisa memastikan perusahaan besar atau pemerintah tidak mencoba menggunakannya dan mendapatkan kontrol total terhadap internet.

Tampaknya, Sir Tim Berners-Lee mengkhawatirkan keterlibatan pemerintah atau perusahaan besar dalam mengelola internet. Ada kecenderungan pemerintah suatu negara mengekang kebebasan dalam berinternet.

Kita juga bisa melihat di Indonesia adanya undang-undang yang mengatur hingga bisa memenjarakan pengguna internet. Hal-hal seperti ini merupakan hal yang seharusnya tidak ada, karena internet merupakan ruang universal.

Baca juga: Hati-hati, Ngoceh Sembarangan di Facebook Bisa Dipenjara

Related

Technology 3434576268144836361

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item