Komodo, Keturunan Dinosaurus yang Masih Hidup di Masa Kini

Komodo, Keturunan Dinosaurus yang Masih Hidup di Masa Kini

Naviri Magazine - Walaupun reptil raksasa sudah punah, ada beberapa reptil kecil masih hidup sampai sekarang. Kita tidak tahu pasti mengapa jenis reptil kecil ini bisa bertahan hidup. Mungkin mereka dapat menyesuaikan diri pada dunia sekitarnya yang sudah berubah.

Makhluk-makhluk itu dikatakan "kecil" karena dibandingkan dengan dinosaurus raksasa yang beberapa ton beratnya. Namun demikian, di antara makhluk melata yang bertahan hidup ini, ada yang ratusan kilogram beratnya.

Di Pulau Komodo, Indonesia, hidup satu jenis kadal terbesar di dunia, yakni Komodo. Sayang, hanya sekitar seribu ekor komodo yang masih hidup sekarang.

Komodo mirip naga pada lukisan zaman abad pertengahan. Satu-satunya hal yang membedakan komodo dari naga ialah tidak menyemburkan lidah api dari lubang hidungnya seperti naga.

Kulit komodo hitam mengkilat. Cakar-cakar komodo panjang dan tajam. Kepalanya seperti berketopong baja. Lidahnya panjang dan berbilah, mirip lidah ular.

Komodo dapat tumbuh sepanjang hampir 3 meter, dan beratnya kira-kira 136 kg. Mereka suka menyantap bangkai binatang, seperti rusa, babi hutan, kambing dan kerbau.

Komodo dewasa bergerak lamban di darat, komodo kecil bergerak gesit, lincah seperti kera. Demikian lincah, komodo kecil pandai memanjat pohon.

Baca juga: Kura-kura Galapagos, Hewan Paling Santai di Dunia

Related

Science 2243137318656316473

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item