Lahirnya Liga Bangsa-Bangsa, dan Awal Terbentuknya PBB

Lahirnya Liga Bangsa-Bangsa, dan Awal Terbentuknya PBB

Naviri Magazine - Setelah dibentuk pasca Perang Dunia I, Liga Bangsa-Bangsa (LBB) pun secara resmi memulai pekerjaannya pada 10 Januari 1920. Tujuan pembentukan LBB adalah untuk mewadahi kepentingan bangsa-bangsa dan menjaga perdamaian dunia. Pendirian lembaga tersebut diprakarsai oleh Woodrow Wilson, Presiden Amerika, namun Amerika sendiri tidak bergabung ke dalam LBB.

Semula, Uni Soviet dan Afrika juga tidak tergabung ke dalam organisasi tersebut, sedangkan Inggris dan Prancis hanya bertindak sebagai pendukung, bukan anggota.

Karenanya, masalah besar yang dihadapi organisasi ini adalah tidak adanya jaminan akan terlaksananya keputusan yang dihasilkan oleh LBB. Bahkan, kekuatan-kekuatan besar saat itu, semisal Jerman dan Italia, memandang remeh organisasi tersebut.

Munculnya banyak konflik menjelang Perang Dunia II ditambah kekecewaan sebagian negara anggota, membuat LBB akhirnya bubar. Pada tahun 1946, seusai Perang Dunia II, berdirilah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menggantikan fungsi LBB.

Baca juga: Sejarah Perjanjian Saint Germain dan Pembagian Imperium Austria

Related

History 4221340501226059964

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item