Ternyata Ini Penyebab Lambang Mata Uang Dollar Ditulis $

Ternyata Ini Penyebab Lambang Mata Uang Dollar Ditulis $

Naviri Magazine - Dollar AS adalah mata uang resmi Amerika Serikat, yang juga digunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar AS. Penerbitan uang dollar AS dikontrol oleh sistem perbankan Federal Reserve.

Simbol paling umum yang digunakan untuk dollar AS adalah lambang dollar ($). Kode ISO 4217 untuk dollar AS adalah USD, dan dollar AS juga dirujuk sebagai US$ oleh Dana Moneter Internasional.

Mengapa lambang dollar ditulis $?

Pemerintah Amerika baru menerbitkan uang mereka sendiri pada 1794, dan waktu itu masih menggunakan mata uang dunia lama—peso—atau dollar Spanyol. Koin 1 dollar Amerika pertama sangat persis dengan uang peso Spanyol, dalam berat maupun nilainya.

Jadi, mereka pun mengambil singkatan yang sama; Ps. Seiring berjalannya waktu, huruf P ditulis dengan menimpa S. Dalam perkembangannya, lingkaran yang ada di atas P dibuang, sehingga yang tinggal hanya huruf S yang ditimpa garis vertikal. Sejak itulah $ menjadi lambang dollar.

Baca juga: Ini Penyebab Mata Uang Indonesia Disebut Rupiah

Related

Money 7710946271787049492

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item