Pesona Lift Bailong, Lift Tertinggi di Alam Terbuka

Pesona Lift Bailong, Lift Tertinggi di Alam Terbuka

Naviri Magazine - Pegunungan Wulingyan di China adalah salah satu kawasan terkenal yang didatangi oleh banyak wisatawan dari berbagai negara. Tempat itu sangat tinggi. Karenanya, untuk bisa menikmati pemandangan di pegunungan Wulingyan, orang harus melakukan pendakian yang cukup sulit.

Mengatasi hal itu, pemerintah China kemudian membangun lift di alam terbuka, bernama Lift Bailong. Karenanya, bila ingin merasakan sensasi naik lift sambil melihat pemandangan alam, cobalah Lift Bailong di Hunan, China, yang disebut menjadi lift outdoor tertinggi sejagad.

Tingginya 330 meter, hampir 3 kali Monas. Namun masih kalah dengan lift di Menara Burj Khalif, Dubai. Walau demikian, Lift Bailong punya keistimewaan karena letaknya di alam terbuka.

Lift Bailong, yang dikenal juga sebagai 100 Dragons Lift, bisa membawa 50 orang dalam sekali angkut. Orang yang ingin berwisata di pegunungan Wulingyan tidak perlu susah payah lagi naik ke puncak lembah. Waktu tempuhnya cukup 5 menit.

Sementara yang tetap ingin mendaki manual, atau takut ketinggian, harus menghabiskan waktu hingga 2,5 jam.

Pembangunan lift ini menghabiskan biaya 120 milyar yuan pada tahun 1999, dan selesai pada tahun 2002. Sempat diprotes oleh aktivis lingkungan karena merusak keaslian alam liar, namun akhirnya lift itu benar-benar terwujud.

Proyek ini dibuka untuk umum pada tahun 2002, meski sempat ditutup sementara karena masalah keselamatan. Namun akhirnya dibuka kembali tahun 2003 setelah detektor gempa dipasang, agar wisatawan bisa cepat dievakuasi bila terjadi bencana.

Baca juga: Pulau Samosir, Kawasan Wisata Menarik di Sumatera Utara

Related

World's Fact 2497901642395193484

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item