Ini Makanan dan Minuman Mengerikan untuk Penghuni Neraka

Ini Makanan dan Minuman Mengerikan untuk Penghuni Neraka

Naviri Magazine - Neraka menjadi tempat yang sangat mengerikan. Keberadaannya memang tidak tampak untuk saat ini. Namun, selain surga, tempat ini menjadi salah satu yang dihuni nanti. Salah satu neraka yang paling kejam siksanya adalah Jahanam.

Di neraka Jahanam, tidak ada ampunan lagi. Manusia yang masuk ke sana akan kekal menjadi penghuni. Jangan harap ada makanan dan minuman layaknya penjara dunia, yang ada menu makanan yang justru sangat menyiksa.

Enam menu berikut ini menjadi sajian penghuni Neraka Jahanam. Bukannya mengenyangkan dan menghilangkan haus dahaga, namun dapat menyumbat tenggorokan, bahkan membuat usus terburai mengerikan. Apa saja menunya?

Percaya kepada hari kiamat menjadi salah satu Rukun Iman. Sehingga tidak Islam seorang muslim, jika tidak mengimani rukun yang satu ini. Mengimani hari kiamat artinya sama dengan mempercayai adanya surga dan neraka. Dua tempat ini menjadi lokasi yang dituju sesuai amal perbuatan selama menjalani kehidupan dunia.

Kabar tentang surga dan neraka sudah dijelaskan Allah SWT dalam qalam-Nya. Tidak hanya bagaimana gambaran kehidupan di sana, Allah SWT juga menjelaskan menu makanan dan minumannya.

Pohon Zaqqum

Salah satu menu makanan di neraka Jahanam adalah pohon Zaqqum. Informasi terkait menu makanan ini dijelaskan oleh Allah SWT dalam beberapa ayat Alquran.

Salah satunya adalah surat Al Waqiah 51–53 yang artinya, “Kemudian sesungguhnya kamu, hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum dan akan memenuhi perutmu dengannya.

Allah SWT juga menggambarkan bagaimana bentuk pohon tersebut.

“(Makanan surga) itulah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya ia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka Jahim. Wujudnya seperti kepala setan-setan.

“Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum, mereka mendapat minuman yang bercampur air sangat panas. Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka Jahim.” (As Shaffat: 62–68).

Bukan mengenyangkan, pohon Zaqqum justru akan membuat usus terburai karena panasnya. Namun, manusia di dalam neraka Jahanam tidak memiliki pilihan. Selain memakan pohon tersebut.

“Sesungguhnya pohon Zaqqum itu makanan orang yang banyak dosa. Dia sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut. Seperti mendidihnya air yang amat panas.” (QS. ad-Dukhan: 43- 46).

Pohon Dhari

Ada lagi menu makanan lain yang juga merusak isi perut. Adalah pohon Dhari, yang memiliki duri sangat keras. Pohon ini tidak akan mampu menghilangkan lapar. Namun justru akan menyumbat tenggorokan. Ali Ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, “Dhari” artinya pohon yang berasal dari bara api.

“Mereka tidak akan mendapat makanan selain dari pohon yang berduri (Dhari). Yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.” (QS. Al-Ghasiyah: 6-7).

Ghislin 

Inilah salah satu minuman yang akan diterima penduduk neraka Jahanam. Ghislin merupakan air nanah yang bercampur darah yang keluar dari tubuh penghuni neraka. Rasanya tidak terbayangkan jika harus mengonsumsi minuman ini.

“Maka tiada seorang teman pun baginya pada hari ini, di sini. Tiada pula makanan sedikit pun (baginya) kecuali dari Ghislin (nanah penghuni neraka). Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa.” (QS. Al-Haqqah: 35-37).

Al-Hamim

Minuman selanjutnya yang menjadi menu untuk penghuni Jahanam adalah Al Hamim. Minuman ini sangat panas, dan akan disuguhkan menggunakan besi panas yang dibengkokkan pada bagian ujungnya. Bayangkan, air panas itu melewati besi yang panas, dan langsung masuk ke perut. Tentu sakitnya tidak terbayangkan.

“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya, dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah.” (QS. An-Naba’: 24-25).

Al-Ghassaq

Selain air yang panas, penghuni neraka Jahanam juga akan merasakan air yang sangat dingin. Parahnya, Al Al-Ghassaq ini sangat bau menyengat. Menurut Ibnu Umar, Al-Ghassaq adalah nanah kental yang jika setetesnya ditumpahkan di barat bumi, niscaya penduduk timur akan mencium baunya yang sangat busuk.

Ash-Shadid

Minuman lain yang akan disajikan untuk penghuni neraka Jahanam adalah Ash Shadid. Minuman ini merupakan nanah yang mau tidak mau harus diminum oleh para penghuninya. Ibnu Rajab berkata, Al-Ghassaq akan membuat wajah mereka hangus, sekaligus membuat seluruh kulit kepala dan rambutnya mengelupas.

“Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah.” (Ibrahim: 16)

Sungguh tempat ini begitu mengerikan, sehingga kita harus mempersiapkan diri untuk menjauhi tempat ini dari sekarang.

Baca juga: Hikmah Menumbuhkan Sifat Tawadhu’ atau Sifat Rendah Hati

Related

Moslem World 2837987081623899256

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item