Ini Penyebab Mendung Membuat Langit Tampak Gelap

Ini Penyebab Mendung Membuat Langit Tampak Gelap

Naviri Magazine - Mengapa awan hujan tampak gelap? Dalam logika yang sederhana, mungkin awan yang mengandung hujan seharusnya terang. Karena hujan adalah air bening, dan berwarna terang atau jernih.

Karena awan hujan dipenuhi air, maka tentu awan itu pun seharusnya terang, dan bukannya gelap. Namun logikanya tidak seperti itu.

Di dalam awan hujan memang terdapat butir-butir air. Pada waktu butir-butir air itu kecil, mereka memantulkan cahaya, dan kita menyebutnya putih.

Namun, pada waktu butir-butir itu menjadi cukup besar untuk membentuk tetes hujan, mereka pun menyerap cahaya, sehingga kita yang berada di bawah melihatnya sebagai sesuatu yang gelap.

Apa yang disebut daerah hujan dan bayangan hujan?

Angin yang bertiup ke daerah pegunungan dapat menjatuhkan hujan. Setelah melewati puncaknya, angin itu sudah kering dan tidak lagi menimbulkan hujan. Nah, lereng yang menerima hujan dari angin itu disebut daerah hujan, sedang lereng yang tidak mendapatkan hujan disebut daerah bayangan hujan.

Baca juga: Mengenal Ekologi, Ilmu yang Mempelajari Iklim dan Bumi

Related

Science 8735390359967116452

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item