Mengajari Si Kecil Menabung Bisa Membangun Karakter Anak

Mengajari Si Kecil Menabung Bisa Membangun Karakter Anak

Naviri Magazine - Menabung adalah hal sederhana yang dapat dilakukan guna mendidik dan menjadikan anak sebagai pribadi yang baik di masa depan. Dengan menabung, anak bisa belajar lebih disiplin, mampu menahan diri, dan lebih memiliki tujuan.

"Dengan membiasakan anak menabung untuk mendapatkan sesuatu, nantinya ini akan menjadi kebiasaan, dan anak jadi punya target atau plan ke depannya saat dia sudah besar," ujar psikolog Ratih Ibrahim.

Hal tersebut ia sampaikan pada talkshow 'Menabung Sejak Dini Dukung Pendidikan Karakter Anak' di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan.

"Dengan kita mengenalkan uang kepada anak sejak dini, anak jadi lebih bisa menghargai uang," ujar Prita Gozie, selaku financial finance, pada kesempatan yang sama.

Ratih menjelaskan, pengenalan uang perlu dilakukan pada anak ketika berusia 1 tahun. Dengan pengenalan itu, diharapkan anak akan terbiasa memasukkan uang koin ke celengan. Seiring bertambahnya usia, kemudian dikenalkan lagi uang kertas.

"Dari kebiasaan-kebiasaan kecil itu kan nantinya dia akan terbiasa. Baru nanti umur tiga tahun kita ajarkan, dari tabungan itu kita bisa jajan, lho. Baru kemudian setelah SD, kita ajarkan dia bagaimana mengelolanya," jelas Ratih Ibrahim.

Ratih juga mengatakan bahwa jika orang tua kesulitan mendidik anak untuk menabung karena keinginan anak yang besar, sebaiknya orang tua tidak menyerah dan terus konsisten. Karena jika tidak konsisten, kelak orang tua akan lebih kesulitan dalam menahan keinginan anak.

"Anak kalau dia minta sesuatu, lalu kita tolak, dia akan nangis pasti. Tapi biarin aja, walau tingkat nangisnya bertambah, tetap biarin saja. Nanti lama-lama pasti menurun. Ibunya harus konsisten. Karena, kalau kita turutin sekali, besok dia mau dan nggak diikuti, nangisnya akan lebih-lebih dari sebelumnya. Jadi kuncinya konsisten," kata Ratih.

Baca juga: Pentingnya Melatih Anak Gemar Membaca Buku Sejak Dini

Related

Parenting 1209470207968346635

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item