Mengapa Orang Bisa Mengalami Déjà vu? Ini Penjelasannya

Mengapa Orang Bisa Mengalami Déjà vu? Ini Penjelasannya

Naviri Magazine - Pertanyaan yang muncul kemudian, mengapa déjà vu bisa terjadi? Jangan dulu berpikiran bahwa ini fenomena alam yang tidak mampu dijelaskan secara ilmiah, karena para ilmuwan telah menemukan jawaban akan fenomena yang ada dalam alam pikiran manusia tersebut.

Déjà vu terjadi karena adanya gelombang yang diantarkan ke dalam otak. Gelombang tersebut tercipta setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia. Gelombang ini lalu diterjemahkan ke dalam bentuk impuls listrik, lalu dikirim ke otak dan dibaca. Tapi ada kalanya otak kita memiliki sensitivitas tinggi, sehingga gelombang yang dibaca berupa amplitudo dan frekuensi tertentu, tergantung kualitas otak kita.

Contoh sederhananya, suatu waktu kita dalam hati mendendangkan sebuah lagu. Lalu kita menyalakan radio, dan di radio sedang memainkan lagu yang sedang kita pikirkan tadi. Langsung kita berpikir “déjà vu”. Padahal, ini menunjukkan bahwa gelombang radio yang dikirim oleh stasiun pemancar, selain diterima oleh radio, juga dibaca oleh otak kita karena sifat otak yang sensitif dalam menerima gelombang listrik tadi.

Ada lagi teori lain yang menjelaskan bahwa déjà vu terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak (dan dipersepsikan) lebih dulu daripada sensasi sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain, sehingga menimbulkan perasaan familier pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat.

Teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay” ini dipatahkan ketika ditemukan bahwa orang buta pun bisa mengalami déjà vu melalui indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya.

Baca juga: Ini Penyebab Orang yang Sangat Cerdas Lebih Suka Menyendiri

Related

Science 5009334322633085417

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item