Mengenal dan Memahami 5 Macam Déjà vu yang Biasa Terjadi

Mengenal dan Memahami 5 Macam Déjà vu yang Biasa Terjadi

Naviri Magazine - Déjà vu berasal dari salah satu kata atau frasa bahasa Perancis yang arti secara harfiahnya adalah “pernah melihat”. Maksudnya, seseorang mengalami suatu pengalaman yang dirasakan olehnya pernah dialami sebelumnya.

Déjà vu juga terjadi dalam berbagai bentuk. Ada yang hanya bisa mengingat secara samar-samar, ada yang hanya mengingat lokasi kejadian, dan ada pula yang mengingat hal-hal dengan sangat mendetail. Secara garis besar, déjà vu terdiri dari lima jenis, yakni:

Déjà vu

Déjà vu jenis ini yang paling banyak terjadi, dimana kita pernah merasakan suatu kondisi yang sama sebelumnya, dan yakin pernah terjadi di masa yang lampau dan berulang kali. Sering kali pada saat itu individu akan diikuti oleh perasaan takut, rasa familier yang kuat, atau merasa aneh.

Déjà vécu

Perasaan yang terjadi pada déjà vécu lebih kuat daripada déjà vu. Pada déjà vécu, seseorang akan merasa pernah berada dalam suatu kondisi sebelumnya dengan ingatan yang lebih detail, seperti ingat suara ataupun bau.

Déjà Senti

Déjà senti adalah fenomena “pernah merasakan” sesuatu. Suatu ketika, kamu pernah merasakan sesuatu dan berkata, “Oh iya, saya ingat!” atau, “Oh iya, saya tahu!” namun satu dua menit kemudian sadar bahwa sebenarnya kamu tidak pernah berbicara apa pun.

Jamais vu

Jamais vu (tidak pernah melihat/mengalami) adalah kebalikan déjà vu. Kalau déjà vu mengingat hal-hal yang sebenarnya belum pernah dilakukan sebelumnya, jamais Vu lain lagi. Tipe déjà vu semacam ini justru tiba-tiba kehilangan memori dalam mengingat sesuatu hal yang pernah terjadi. Hal ini bisa terjadi karena kelelahan otak.

Déjà visité

Déjà vu tipe ini lebih menitikberatkan pada ingatan seseorang akan sebuah tempat yang belum pernah ia datangi sebelumnya, tapi merasa pernah berada pada lokasi yang sama. Déjà visité berkaitan dengan tempat atau geografi.

Baca juga: Di Seluruh Dunia, Wanita Hidup Lebih Lama Dibanding Pria

Related

Psychology 4668637507248003060

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item