Apakah Aman Menggunakan Ponsel yang Sedang Di-charge?

 Apakah Aman Menggunakan Ponsel yang Sedang Di-charge?

Naviri Magazine - Aktivitas menggunakan ponsel bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika ponsel sedang diisi ulang atau di-charge karena baterai habis. Yang menjadi masalah, kadang muncul kabar adanya orang yang tersambar petir ketika bermain ponsel saat baterai ponsel sedang diisi ulang. Apakah memang menggunakan ponsel saat diisi ulang bisa berbahaya?

Terlepas dari kilatan petir yang menyambar rumah korban, sebenarnya menggunakan ponsel sambil dicas pada era modern relatif aman, lantaran ponsel dan charger orisinal sudah dilengkapi fitur keamanan memadai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman The Asianparent, menggunakan ponsel dalam kondisi dicas pada dasarnya aman, asalkan memenuhi beberapa standar keamanan. Salah satunya menggunakan charger dan kabel orisinal bawaan.

Penggunaan charger dan kabel orisinal ini penting, lantaran aksesori tersebut memiliki spesifikasi arus yang sesuai dengan ponsel yang sudah diuji oleh vendor.

Baterai iPhone meledak di wajah usai digigit

Sementara penggunaan charger dan kabel tidak orisinal, terlebih yang kualitasnya buruk, memiliki risiko terjadinya korsleting yang menyebabkan ponsel rusak atau bahkan penggunanya tersengat listrik.

Penggunaan kabel dan charger tidak orisinal ini pernah memakan korban seorang gadis asal Vietnam pada 2017 silam. Seperti dilansir dari laman Metro.co.uk, seorang gadis meninggal tersengat listrik saat mengisi daya ponsel dengan charger dan kabel tidak orisinal yang telah mengalami kerusakan.

Selain itu, panas juga menjadi risiko terjadinya kerusakan baterai dan smartphone itu sendiri. Sehingga hindari penggunaan ponsel untuk tugas berat saat charging, seperti bermain game atau menyunting video.

Terakhir, hindari penggunaan smartphone saat dicas menggunakan charger quick charge, fast charging, dan teknologi sejenisnya. Charger dengan teknologi tersebut memang mampu mengisi daya dengan sangat cepat, tetapi panas yang dihasilkan juga relatif tinggi.

Secara umum, menggunakan smartphone sambil dicas adalah aman selama memenuhi beberapa standar keamanan di atas, seperti menghindari panas, dan selalu menggunakan aksesori orisinal bawaan ponsel.

Baca juga: Axioo, Produsen Laptop Terkenal yang Dunia Smartphone

Related

Smartphone 6943257622314118038

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item