Lucu, Microsoft Meminta Google agar Memblokir Microsoft.Com

Lucu, Microsoft Meminta Google agar Memblokir Microsoft.Com

Naviri Magazine - Sebuah perusahaan tentunya tak ingin produk-produk buatan mereka dibajak atau digunakan secara ilegal. Microsoft termasuk salah satu yang paling keras memberangus pelanggaran hak cipta atas produk-produknya.

Untuk itu, mereka menyewa sebuah perusahaan pengawas eksternal, LeakID. Perusahaan pihak ketiga dipakai, karena Microsoft tidak bisa mengecek pelanggaran hak cipta di semua situs web dan blog yang ada di dunia maya sendirian.

LeakID, atas nama Microsoft, pun aktif melaporkan ke Google untuk menghilangkan tautan-tautan beberapa situs web yang melanggar hak cipta Microsoft dari daftar pencarian. Namun, perusahaan pengawas tersebut diketahui sempat melakukan kesalahan yang konyol.

Mereka melaporkan ke Google untuk memblokir beberapa situs web, yang sebenarnya resmi milik Microsoft. Salah satu situs yang justru dilaporkan melanggar hak cipta adalah http://www.microsoft.com/france.

Tautan-tautan yang salah didaftarkan berkaitan dengan produk berbahasa Perancis, dan juga halaman dukungan teknis Microsoft dalam bahasa Perancis.

Untungnya, Google tidak memiliki sistem otomatis untuk menghilangkan tautan dari daftar pencarian. Untuk masalah ini, semuanya masih ditangani manual oleh karyawan Google. Mereka pun tidak menghilangkan tautan ini, meski ada permintaan.

Apakah ada sistem yang bermasalah, sehingga LeakID mengirimkan permintaan "palsu"?

Untuk ini, masih belum ada jawaban yang jelas. Namun, LeakID selama ini memang sudah beberapa kali mengirimkan laporan yang keliru. Sebelumnya, seperti dikutip dari Mashable, masalah serupa juga menimpa HBO pada tahun lalu.

LeakID juga pernah "melawan" seorang blogger yang mengunggah sebuah file PDF berjumlah 28 halaman mengenai olahraga catur yang ternyata ia tulis sendiri.

Baca juga: Karena Stres, Mark Zuckerberg Pernah Berencana Menutup Facebook

Related

World's Fact 2777765746033369084

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item