Mengenal Mikroorganisme, Redopsin, dan Enzim Selulose

Mengenal Mikroorganisme, Redopsin, dan Enzim Selulose

Naviri Magazine - Miskroorganisme atau jasad renik adalah makhluk hidup yang terdiri atas satu atau beberapa kumpulan sel dengan ukuran beberapa mikron (1 mikron sama dengan 0,001 milimeter). Sebegitu kecilnya, makhluk ini hanya dapat dilihat melalui mikroskop berukuran tertentu. Mikroorganisme disebut pula sebagai bakteri.

Apa yang disebut redopsin?

Redopsin adalah pigmen ungu yang terdapat pada sel basilus. Redopsin merupakan senyawa protein dan vitamin A. Jika terkena sinar, misalnya sinar Matahari, redopsin akan terurai menjadi protein dan vitamin A.

Pembentukan kembali pigmen terjadi dalam keadaan gelap, dan untuk pembentukan kembali membutuhkan waktu yang disebut adaptasi gelap atau adaptasi redopsin. Pada waktu adaptasi terjadi, mata kita sulit melihatnya.

Apa yang disebut enzim selulose?

Enzim selulose adalah enzim yang dapat mengubah rumput menjadi glukosa, atau enzim yang mampu mendegradasi selulose (polisakarida dari bentukan glukosa). Enzim selulose dapat menjadi katalisator reaksi pendegradasian selulose. Umumnya, selulose mendegradasi selulose yang memiliki rantai lebih pendek dari kompoen kayu (selulose, hemiselulose, lignin, ekstraktif, dan mineral).

Sapi memiliki enzim selulose, sehingga mampu memakan rumput. Sedangkan manusia tidak memiliki enzim tersebut, sehingga kita pun tidak memakan rumput, karena tubuh kita tidak bisa mencernanya.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Seputar Ekosistem Dalam Ilmu Biologi

Related

Science 4284883812455480850

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item