Di Korea, Ada Minuman yang Dibuat dari Tinja Manusia

Di Korea, Ada Minuman yang Dibuat dari Tinja Manusia

Naviri Magazine - Minuman berbahan dasar air. Namun, selain air, sering kali ada bahan lain yang ditambahkan, dari teh, bubuk kopi, gula, dan lain-lain. Bahkan, di sekitar kita ada banyak minuman yang di dalamnya terdapat aneka bahan lain, semisal minuman cola, minuman kesehatan, dan lain-lain. Tapi pernahkah kita membayangkan ada minuman yang bahan di dalamnya mengandung tinja manusia?

Di Korea Selatan, terdapat minuman beralkohol bernama Ttongsul yang terbuat dari fermentasi tinja anak-anak, dan alkohol dari sulingan air gandum selama berbulan-bulan.

Wine gandum ini tidak banyak dinikmati di Korea Selatan karena hampir punah pada tahun 60-an, sebab tidak banyak orang yang tahu cara pembuatannya. Dokter Lee Chang Soo adalah salah seorang yang masih menggunakan bahan baku spesial untuk membuat wine sekaligus obat tradisional ini.

Wine ini dibuat dengan fermentasi gandum yang sudah dicampur dengan tinja anak-anak berusia kurang dari enam tahun, yang murni dan tidak terlalu berbau. Setelah difermentasi selama sehari, beras yang sudah dimasak dan tidak mengandung gluten dicampurkan ke dalam air fermentasi.

Gandum ini digunakan sebagai bahan fermentasi karena mengandung banyak protein, baru kemudian ditambahkan beras biasa untuk menambah rasa. Campuran tersebut kemudian disatukan dalam sebuah mangkuk, dan ditambahkan air yang mengandung tinja, dan didiamkan selama seminggu dalam ruangan bersuhu 30-37 derajat celcius.

Minuman dengan kadar alkohol 9 persen ini kadang digunakan sebagai obat oleh orang Korea zaman dulu. Seperti untuk menyembuhkan luka, tulang yang patah, hingga epilepsi. Sama halnya seperti kotoran ayam untuk mengobati masalah pencernaan atau kotoran kelelawar untuk mengobati kecanduan alkohol.

Baca juga: Waduh, Makanan Lezat Ini Dibuat dari Tinja Manusia

Related

World's Fact 1357519012203869463
item