Ngeri! Tiap 5 Menit Sekali, Ada Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia

Ngeri! Tiap 5 Menit Sekali, Ada Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia

Naviri Magazine - Penjualan sepeda motor di Indonesia terus tumbuh setiap tahun. Seiring dengan itu, jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor tak kunjung turun.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, mengungkapkan bahwa kecelakaan di Indonesia terjadi setiap lima menit. Dan kematian akibat kecelakaan lalu lintas terjadi setiap 20 menit.

"Untuk itu telah dan sedang dilakukan berbagai upaya, untuk menurunkan kecelakaan dan tingkat fatalitasnya melalui program Decade of Action for Road Safety," katanya dalam siaran pers terkait pertemuan International Transport Forum (ITF) Annual Summit di Leipzig, Jerman.

Dia mengungkapkan, rasio kepemilikan kendaraan beroda dua di Indonesia saat ini adalah satu sepeda motor untuk empat orang. Ada sejumlah alasan mengapa fenomena tersebut terjadi.

Pertama, harga sepeda motor murah dan mudah didapatkan. Kedua, transportasi publik belum termasuk dalam perencanaan tata ruang, sehingga sepeda motor dianggap alternatif untuk menurunkan kemacetan lalu lintas. Ketiga, dealer dan institusi finansial memberikan skema kredit yang terjangkau untuk memiliki sepeda motor.

Terkait itu, menurut Bambang, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Di antaranya kampanye etika mengendarai sepeda motor, bekerja sama dengan manufaktur sepeda motor, untuk mencari terobosan penurunan angka kecelakaan lalu lintas.

Kemudian, sosialisasi safety riding, didukung oleh komunitas sepeda motor dan korporat. Lalu, meningkatkan partisipasi publik dalam mematuhi aturan tata cara berlalu lintas, dan menciptakan sistem transportasi yang aman, nyaman, dan dapat diandalkan.

Baca juga: Bengkel Ketok Magic Gunakan Ilmu Gaib untuk Perbaiki Mobil?

Related

World's Fact 5002755823581125913

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item