Hati-hati, Ngoceh Sembarangan di Facebook Bisa Dipenjara

Hati-hati, Ngoceh Sembarangan di Facebook Bisa Dipenjara

Naviri Magazine - Berinteraksi di Facebook bukan tanpa risiko. Selain risiko privasi dan keamanan akun, mungkin saja interaksi di Facebook bisa membuat Anda dipenjarakan. Hal ini dialami oleh tujuh pria di Arab Saudi.

Rilis Human Right Watch mengabarkan bahwa pemerintah Arab Saudi memenjarakan tujuh orang kritikus pemerintah, karena diduga melakukan protes dan merugikan kepentingan umum dengan menggunakan Facebook. Ketujuh orang yang dipenjara tersebut mendapat hukuman bervariasi antara 5 sampai 10 tahun, dan dilarang bepergian ke luar negeri sebagai hukuman tambahan.

Pemerintah Arab Saudi menangkap para tersangka dan menahan mereka selama satu setengah tahun di penjara investigasi umum di Damman. Para tersangka diadili di penjara khusus yang dibentuk pada tahun 2008 lalu, untuk menangani kasus-kasus yang terkait terorisme.

Joe Stork, Deputi Direktur Human Right Watch untuk Timur Tengah, mengatakan bahwa menghukum orang bertahun-tahun di penjara karena postingan di Facebook merupakan pesan tegas tentang tidak adanya cara yang aman untuk berbicara di Saudi Arabia, bahkan meskipun hanya di media sosial online.

Hal tersebut juga menjadi bukti bahwa kebebasan yang dipahami pengguna Facebook berbeda dengan apa yang dipahami pemerintah. Tampaknya, pemerintah Arab Saudi tidak mengakui adanya kebebasan berpendapat di media sosial, dan postingan yang cenderung mengkritik pemerintah akan memperoleh perhatian serius dan bisa berujung penjara.

Para pengguna Facebook, berhati-hatilah. Think Before Posting!

Baca juga: Upaya Google Meningkatkan Keamanan GMail dari Kebocoran

Related

Internet 2839169804588967317

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item