Ini 5 Peluang Karir Penting di Bidang Artificial Intelligence

Ini 5 Peluang Karir Penting di Bidang Artificial Intelligence

Naviri Magazine - Masa depan tak pernah sama dengan masa kini, sebagaimana masa kini tak sama—bahkan jauh berbeda—dengan masa lalu. Di zaman sekarang, meski perubahan telah dan terus terjadi, kita masih mampu bertahan, karena berbagai bidang pekerjaan masih bisa ditangani manusia. Namun, di masa depan, akan ada banyak pekerjaan manusia yang hilang akibat lahirnya robot-robot dan Artificial Intelligence (AI).

Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan adalah salah satu bidang yang paling penting dan paling hangat dibicarakan saat ini. Bidang ini termasuk AI secara umum, data mining/penambangan data, machine learning/pembelajaran mesin, neural network, dan sistem fuzzy. Semua adalah topik yang penting dan menarik di kalangan siswa, cendekiawan, fakultas, dan juga profesional.

AI adalah tentang pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam yang melibatkan tiga langkah utama, termasuk mengidentifikasi sumber data, membuat sistem untuk menganalisis data tersebut, dan membuat keputusan akhir berdasarkan data yang dianalisis.

Karenanya, di masa depan, pekerjaan-pekerjaan yang terbuka akan banyak berhubungan dengan AI. Berikut ini adalah lima bidang yang bisa dibilang paling penting di masa depan, ketika dunia sudah sangat akrab dengan AI.

Peneliti

Peneliti adalah salah satu peluang karir tertinggi di AI. AI dan terminologi terkait lainnya adalah istilah baru bagi masyarakat. Area fokus akan berada pada perbaikan penelitian untuk algoritma pembelajaran mesin (machine learning). Seringkali, para peneliti ditunjuk oleh pemerintah untuk memberikan solusi bagi masalah-masalah yang sedang terjadi.

Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis AI

Pengetahuan AI untuk perangkat lunak telah menjadi kebutuhan penting karena sebagian besar alat sudah memasukkan AI ke dalamnya. Insinyur perangkat lunak ditunjuk berdasarkan kemampuan mereka untuk terus berpikir dan berinovasi untuk pemecahan masalah.

Data Scientist

Data telah dianggap emas karena dapat digunakan untuk memprediksi masa depan bisnis oleh banyak organisasi. Terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar prediksi telah dibuat dari data yang dihasilkan di internet, mereka masih dianggap penting untuk bisnis apapun. Orang yang terlibat dalam tugas-tugas ini disebut sebagai data scientist atau ilmuwan data.

Machine Learning Engineer

Machine learning atau pembelajaran mesin melibatkan penerapan kerangka AI untuk masalah tertentu meskipun dalam domain yang berbeda.

Menurut artikel Forbes, Technology-2017, pembelajaran mesin dianggap sebagai domain vital dan puncak yang melibatkan pengenalan gestur, analisis iklan, deteksi penipuan, dan lain-lain. Insinyur harus memahami sifat mesin dan membantu menyelesaikan masalah yang terkait dengan masyarakat.

Automation Engineer

Automation Engineer atau insinyur otomasi adalah bidang spesialisasi baru dalam AI yang melibatkan penggunaan AI untuk memungkinkan insinyur manusia memecahkan berbagai masalah langsung dari masalah yang sederhana hingga yang lebih kompleks.

Karena para insinyur ini memahami sifat lingkungan, mereka dapat mengotomatiskan tugas yang biasanya berulang, yang sering kali tidak memerlukan dukungan insinyur manusia.

Baca juga: Benarkah Jadi PNS Akan Menjamin Masa Tua karena Ada Uang Pensiun?

Related

Technology 5333658026252700397
item