Misteri Penemuan 3 Arca Zaman Purba di Kedalaman Tanah

Misteri Penemuan 3 Arca Zaman Purba di Kedalaman Tanah

Naviri Magazine - Warga di lereng perbukitan Jalatigo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, digemparkan dengan adanya temuan 3 benda purbakala. Benda-benda tersebut ditemukan saat warga menggali kubur di komplek pemakaman setempat.

Tiga benda purbakala itu ditemukan terpisah. Dua di antaranya merupakan patung atau arca Ganesha, sedangkan satu lagi merupakan patung tiga dewa. Semuanya terbuat dari batu.

"Kami kaget saat menggali kubur. Baru sampai permukaan, cangkul saya terbentur batu. Setelah digali lagi, ternyata sebuah patung," ujar warga, Rebjo (45).

Patung pertama berukuran tinggi 45 cm, lebar 25 cm, dan berat sekitar 10 kg. Setelah menemukan patung pertama, para penggali kubur melanjutkan pekerjaannya untuk menggali kubur kembali.

Di kedalaman setengah meter, ditemukan kembali dua patung berdampingan, yakni patung Ganesha kecil berukuran tinggi sekitar 35 cm, lebar 20 cm, dan berat 6 kg, dan patung tiga dewa yang beratnya mencapai 15 kg dengan tinggi 40 cm dan lebar 40 cm.

"Saat ini, ketiga patung kami simpan untuk menghindari orang-orang yang tidak bertanggung jawab," jelas warga lainnya, Jatmiko.

Diperkirakan, ketiga patung itu merupakan patung peninggalan zaman Hindu kuno. Dimungkinkan masih ada peninggalan purbakala lainnya di tempat yang sama. Sayangnya, temuan ketiga benda berharga ini belum mendapat respons dari pemerintah setempat.

"Sudah kami laporkan ke pihak pemerintahan, lebih-lebih ke kecamatan, namun tidak ada respons," ungkap Suwito, tokoh pemuda Talun.

Padahal, menurut Suwito, warga khawatir dianggap menyembunyikan barang purbakala.

Baca juga: Misteri Perkumpulan Vril, Organisasi yang Berhubungan dengan Ras Alien

Related

World's Fact 1459465766537569419

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item